RENCANA KERJA TAHUNAN
PENILIK PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI (PAUD)
Kota Serang
TAHUN 2014
OLEH :
KELOMPOK
KERJA IPI
KOTA SERANG PROVINSI BANTEN
KELOMPOK II :
1. M.YUSUF (GERSIK
)
2.SAHMIR RASID ( LAMPUNG)
3.AI JUBAIDAH (BANTEN
)
.4.SOLIHAH ( BEKASI )
5,EMI ZAHARA ( BANTEN
6. ETYSARNITA ( KALBAR )
LEMBAR PENGESAHAN
Rencana Kerja Tahunan Penilik
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) disyahkan sebagaidasar pelaksanaan
kegiatan pengendalian mutu program PAUD, Tahun 2014
Mengetahui:
an.Kepala
Dinas Pendidikan
KOTA SERANG PROVINSI BANTEN
----------------------------------------
NIP
.....................................
|
Penyusun.
...................................................
NIP. ...........................................
|
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat-Nya, hingga kami dapat menyusun
Rencana KegiatanTahunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara
menyeluruh tingkat KOTA SERANG. PROVINSI BANTENtahun 2014.
RencanaKegiatan Tahunan Program PenilikPAUD tidak akan terwujudtanpabantuandankerjasamayang baikdarisemua pihak yang terkait.
Untukitutidaklupa
kami ucapkanterimakasihkepadasemuapihak yang
telahmembantudanmendukungterwujudnyapenyusunanRencana Kegiatan
Tahunan Program PAUD ini.
|
|
Ungaran,10
Januari 2014
Penyusun
Penilik PAUD
.......................................................
NIP.
...............................................
|
DAFTAR ISI
LembarPengesahan…………………………………………………..
Kata
Pengantar …………………………………………………………
|
|
|
Daftarisi
…………………………………………………………………
DaftarTabel………………………………......................………………
DaftarLampiran
………………………………………….
|
|
|
BAB
I PENDAHULUAN
|
|
|
|
A.
LatarBelakang …………………………………………
|
|
|
B.
Dasar ………………………………………………………..
|
|
|
C.
Tujuan ………………………………………………………
|
|
|
D.
Hasil yang diharapkan …………………………………
|
|
BAB
II PELAKSANAAN
|
|
|
|
A.
Sasaran …………………………………………………
|
|
|
B. Metode ……………………………………………………
|
|
|
C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
……………………
|
|
|
D.
Langkah-langkahKegiatan ………………………………
|
|
|
E.
Masalah/Hambatan yang dihadapi ……………………
F. Sumber Dana / Biaya
.....................................................
|
|
BAB
III PENUTUP
|
|
|
|
A.
Kesimpulan …………………………………………..........
|
|
|
B.
Saran ………………………………………………….........
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
|
|
1.
Rekapitulasi hasil identifikasi penyelenggaraan program
PAUDsebagai sasaran penilikan tahun 2014
2.
Matrix Rencana Kerja Tahunan Pengendalian Mutu
Program Penilik PAUD tahun 2014.
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
dan RevormasiBirokrasi Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik
dan Angka Kreditnya.
Pasal 4 tentang
tugas pokok Penilik adalah Melaksanakan Kegiatan Pengendalian Mutu dan Evaluasi Dampak
Program PAUDNI. Pasal 5 Jenis Penilik berdasarkan bidang tugasnya terdiri atas
Penilik PAUD, Penilik Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan, serta Penilik
Kursus.
Peraturan Bersama Menteri Pendidikan nasional dan Kepala
Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011, Nomor 7 Tahun 2011, tentang
Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
Memperhatikan hal-hal tersebut di atas, penilik dituntut
adanya kesiapan perencanaan yang akurat sebelum melaksanakan pengendalian mutu
dan evaluasi dampak program di wilayah kerjanya. Tanpa adanya perencanaan yang
matang, jelas, teratur dan terukur, penilik tidak mungkin dapat melaksanakan
tugas dan fungsinya secara baik dan profesional.
B.
DASAR
1. Undang-UndangNomor 8 Tahun 1974
tentangPokok-PokokKepegawaian
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor 55), TambahanLembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 3041, sebagaimanatelahdiubahterakhirdenganUndang-UndangNomor 43 Tahun 1999 (Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 169, TambahanLembaran Negara
Republik Indonesia Nomor 3890);
2.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
3. PeraturanPemerintahRepublik Indonesia
Nomor 16 Tahun 1994 TentangJabatanFungsionalPegawaiNegeriSipil (Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 1994 Nomor 22, TambahanLembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 3547) sebagaimanatelahdiubahdenganPeraturanPemerintahNomor 40
Tahun 2010 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 51, TambahanLembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 5121);
4.
PP Nomor19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
(Lembaran Negara Nomor 41, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor 4496);
5.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 58 tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
6.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik
dan Angka Kreditnya.
7.
Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala
Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011, Nomor 7 Tahun 2011, tentang
Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya:
8.PER.MENDIKBUD NO .38.THN
2013
TENTANG PETUNJUK TEKNIS JABATAN
FUNGSIONAL
DAN ANGKA KREDITNYA.
C.
TUJUAN
1.
TujuanUmum:
Memberikangambaransecaramenyeluruhtentangapa,
bagaimana, kapan, dimana, olehsiapa,pelaksanakegiatanProgram PAUDdilaksanakansertasebagai
dasaracuanbagipenilikdalammelaksanakantugaskepenilikankhususnya Program
PAUD Kabupaten Klaten
2.
TujuanKhusus:
a.
Sebagai dasar Pelaksanaan kegiatan pengendalian
mutu program PAUD khususnya Penilik PAUD yang mencakup , Perencanaan Program,
Pelaksanaan pemantauan, Pelaksanaan Penilaian, Pelaksanaan Pembimbingan dan Pembinaan,
Penyusunan Laporan Program PAUD.
b.
Evaluasi dampak program yang mencakup, Penyusunan Rancangan/desain,
penyusunan instrumen, pelaksanaan dan penyusunan laporan dan presentasi hasil
evaluasi dampak program PAUD.
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Setelah tersusunnyaRencana Kerja Tahunan Penilik PAUDTingkat
Kabupaten Klaten tahun 2014, hasil
yang diharapkan adalah:
1.
Penilik dapat melaksanakan tugas dan
fungsinya secara optimal sehingga mampu berperan sebagai Pengendali
Mutu dan Evaluasi Dampak Program PAUD.
2.
Memperoleh kepastian hasil kepenilikan
Program PAUDyang berkualitas, teratur dan
terukur sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD).
3.
Meningkatkan kompetensi penilik PAUD dalam melaksanakan
tugas dan fungsinya secara profesional.
BAB II
PELAKSANAAN
- SASARAN
:
1.
Program PAUD
a.
KelompokBermain
(KB)
b.
Taman
PenitipanAnak (TPA)
c.
Satuan
PAUD Sejenis (SPS)
2.
Satuan PAUD, dengan sasaran :
A.
KelompokBermain
NO
|
NAMA
LEMBAGA
|
ALAMAT
|
KETERANGAN
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
KOBER
MELATI 1
KOBER ANGGREK
KOBER ANNISA
KOBER NURUL FALAH
KOBER ANDIN
KOBER
MELATI 2
KOBER ANANDA
KOBER ALBUROZIQ
KOBER AMANAH
KOBER
SAKINAH
KOBER
HALIMAH
KOBER DWITARI
KOBER ANGSAN
KOBER CANNGRING
KOBER ALKAUSAR
KOBER NURUL FIKRI
|
KEC,
KASEMEN KOTA SERANG BANTEN
|
|
B.TamanPenitipanAnak(
TPA )
NO
|
NAMA LEMBAGA
|
ALAMAT
|
KETARANGAN
|
1
2
|
TPA MUSTAFA
TPA MAWAR
|
|
|
B.
Satuan
PAUD Sejenis ( SPS)
NO
|
NAMA LEMBAGA
|
ALAMAT
|
KETARANGAN
|
1
2
|
SPS
INTAN
SPS
HAPAN BUNDA
|
|
|
- WAKTU
DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktudantempatpelaksanaanbulan Januari
s.d Desember tahun 2014 (Matriks Kegiatan terlampir)
- LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN :
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam
penyusunan rencana Kerja Tahunan Penilik PAUD dapat diuraikan
sebagai berikut:
(1) Membentuk tim
penyusun tingkat kabupaten Terdiri dari seorang ketua dan anggota (melibatkan
seluruh penilik);
(2) Mengkaji
hasil penilaian tahun lalu dan menganalis data permasalahan terkait dengan
rencana tahun berjalan;
(3) Menyusun skala prioritas program;
(4)
Mempresentasikan draf rencana kerja yang dihadiri oleh penilik dan pejabat
terkait;
(5) Menyempurnakan draf rencana kerja berdasarkan
masukan hasil presentasi;
(6) Menetapkan
rencana kerja tahunan tingkat kabupaten untuk mendapat pengesahan pejabat yang
berwenang.
- MASALAH/HAMBATAN
YANG DIHADAPI
Masalah yang dihadapidalam
penyusunan Rencana Kerja Tahunan Pengendalian Mutu Program Penilik PAUD adalah:
1.
Masih ada penilik PAUD yang belum mengerti Tugas dan
Fungsi Penilik PAUD sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka
Kreditnya.
2.
Belum adakesepahaman antara pejabat pembina daerah dan
penilik terkait tentangtugasdanfungsipenilik, sehinggamasihseringdijumpaiadanyatumpangtindihtugas
yang tidaksemestinya terjadi,
yang akhirnyadapatmenghambattugasdanfungsipenilik yang sebenarnya.
E.
SUMBER DANA
Dana yang
digunakan dalam Penyusunan Rencana KerjaTahunan Program PAUD bersumber dari :
1. APBD KOTA SERANG
2. Swadana.
BAB III
P E N U T U P
- KESIMPULAN
Perencanaan merupakan aspek yang penting dalam kerangka sistem
manajemen Penilikan Program PAUD, karena perencanaan merupakan
gambaran arah tentang apa yang harus dilakukan, di mana, kapan, oleh siapa,
untuk siapa, dan bagaimana cara melaksanakan kegiatan tersebut sehinggarencanakegiatan tahunanberjalan
sesuai dengan harapan.
- SARAN
1.
Agar kinerja penilik dapat maksimal sesuai dengan tugas
dan fungsinya, maka kebutuhan penilik di tiap kecamatan dipenuhi sesuai dengan
rasio.
2.
Ada
kesepahamantentangtugasdanfungsipenilikdariunsur-unsurterkaitkhususnyaPembina
Kepegawaian dan jajaranDinasPendidikan bahwa
penilik sebagai Pengendali Mutu dan Evaluasi Dampak Program PAUD
3.
.
Memperhatikankesejejahteraanpenilikmelaluipemberian TKD/TAMSIL DAN KENDARAAN
RODA DUA.
RANCANGAN PENYUSUNAN PERENCANAAN
PROGRAM PAUDNI
SISTEMATIKA
|
LINGKUP URAIAN
|
A.
Latar Belakang
|
Kondisi nyata masalah yang harus segera
dilakukan berdasarkan data hasil identifikasi dan analisis penilikan tahun
lalu dan hasil identifikasi penyelenggaraan satu tahun ke depan
|
B.
Dasar Hukum
|
Aturan, kebijakan dan/atau program menjadi
landasan acuan kegiatan penyusunan rancangan rencana induk penilikan
dilakukan
|
C.
Tujuan
|
Kondisi kualitatif dari kegiatan penilikan
di tingkat wilayah kerja dan kabupaten/kota yang diharapkan terjadi dengan
adanya rancangan rencana induk Program Paudni
|
D.
Hasil yang diharapkan
|
Keuntungan atau manfaat dari tersusunnya
rencana induk terhadap kegiatan program Paudni secara umum
|
E.
Sasaran
|
·
Lingkup substansi yang termuat dalam rancangan rencana induk program Paudni
·
Pengguna
rencana induk
|
F. Metode
|
Cara atau strategi utama yang
ditempuh untuk mencapai tujuan PEMANTAUAN BIMBINGAN,MONITORING,
|
G.
Waktu & tempat
|
Durasi waktu atau masa berlaku rancangan
rencana induk 1
TAHUN DI DISDIK SE KOTA SERANG
|
H. Langkah-langkah Kegiatan
|
Terbagi atas langkah kegiatan :
·
Penyusunan
rancangan rencana induk/TAHUNAAN
·
Penilikan
|
I.
Kendala yang dihadapi
|
Berisi masalah-masalah yang muncul pada saat
kegiatan berlangsung SEPERTI YG TERTERA DI ATAS
|
J.
Biaya
|
Besaran jumlah biaya berikut sumber biayanya ( APBD DAN SWADANA PENILIK
PR.25.000.000:
|
K. Kesimpulan
|
Memuat uraian kesimpulan dari program yang
sudah dilakukan.
DapatdillaksanakanolehPenilikmenurutjenjangjabatanmasing -masing
|
L. Saran
|
Berisi tentang rekomendasi untuk ditindak
lanjuti olehpihak-pihak terkait.
|
Lampiran
|
Berchart/Matriks Jadwal Kegiatan program
Paudni dan rekap program yang waktu pelaksanaan dalam durasi satu tahun dan tiga
bulan yang diurai per bulan setai tahunnya dan per minggu setiap bulannya..1.Daftar
hadir.2.Undangan.3.Surat tgs.
|
|
|
SISTEMATIKA
|
LINGKUP URAIAN
|
Matrik
Program Kerja Tahunan
Penilik
PAUD.
PROGRAM
KERJA TAHUNAN PENILIK PAUD
DINAS
PENDIDIKAN KOTA SERANG.
TAHUN
2011- 2015
NO
|
PROGRAM
|
JENIS KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
METODE
|
SUMBER DANA
|
WAKTU / BULAN
|
PELAKSANA
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
|||||||
1
|
Perencanaan Pengendalian Mutu PAUD
|
A.
Menyusun
Rencana Kerja Tahunan Pengendalian Mutu
1.
Mengkaji
hasil pengendalian mutu tahun lalu
2.
Mengidentifikasi
penyelenggaraan PAUD sebagai sasaran pengendalian mutu satu tahun ke depan.
3.
Merumuskan
rancangan program pengendalian mutu PAUD tingkat kab./kota.
4.
Mempresentasikan
rancangan program PAUD tk kab./kota
5.
Memberikan
saran/masukan penyempurnaan program PAUD
B.
Menyusun
Rencana Kerja Tri Wulan
|
Program PAUD meliputi :
- KB se-Kota .
- TPA se-Kota.
- SPS se-Kota.
Pendidik,
Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan pembiayaan administrasi (dari
delapan SNP)
|
Sebagai acuan dalam melaks. tugas pengendalian
mutu satu tahun
Sabagai acuan kerja penilik dalam tiga bulanan
|
Obser-vasi, Angket,
Doku-mentasi
Wawan-cara
Obser-vasi
|
APBD II/
Swadana
|
X
X
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
Semua jenjang penilik
|
2
|
Pelaksanaan Pemantauan Program PAUD
|
A.
Membuat
instrumen pemantauan
B.
Mengumpulkan
data pemantauan
C.
Menganalis
data pemantauan
D.
Membuat
desain diskusi terfokus
E.
Melaksanakan
diskusi terfokus
F.
Menyusun
laporan hasil pemantauan program
|
Program PAUD meliputi :
- KB se-Kab.
- TPA se-Kab.
- SPS se-Kab.
|
Sebagai acuan Pelaksanaan Pemantauan Program
PAUD
|
Angket
Wawan-cara
|
APBD II/ Swadana
|
X
|
X
|
X
|
X
X
|
X
|
X
X
|
|
|
|
|
|
|
Penilik Madya, Muda, Pertama
|
3
|
Pelaksanaan Penilaian program PAUD
|
A.
Membuat
instrumen penilaian program pada satuan PAUD
B.
Melaksanakan
penilaian dan menganalisis hasil penilaian program pada satuan PAUD.
|
Standar Proses, Standar Isi dan Standar
Kompetensi Lulusan,
Standar Penilaian Pendidikan
|
Mengukur keberhasilan standar Proses, Isi dan
SKL
Mengukur tingkat keberhasilan empat standar satuan
program
|
Angket
Obser-vasi
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
X
|
X
|
Penilik Madya, Muda, Pertama
|
4
|
Pelaksanaan bimbingan dan pembinaan
|
A.
Melakukan
pembimbingan dan pembinaan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan secara
Perorangan dan Kelompok
B.
Melakukan
pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dalam melakukan penelitian atau
pengembangan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan dengan sasaran
perorangan dan kelompok
C.
Melakukan
pembimbingan dan pembinaan kepada PTK dalam menggunakan media pembelajaran
dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran, pelatihan dan atau
pembimbingan dengan sasaran perorangan dan kelompok.
|
PTK : perorangan dan kelompok
PTK : perorangan dan kelompok
PTK : perorangan dan kelompok
|
-
Membangkitkan
dan menumbuhkembangkan kemauan
-
Membantu
memecahkan masalah
|
Diskusi
Wawan-cara
|
Swadana
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
X
|
|
|
5
|
Menyusun laporan hasil pengendalian mutu
programPAUD
|
A.
Menyusun
laporan triwulan pengendalian mutu secara individu
B.
Menyusun
laporan tahunan secara menyeluruh.
|
Program PAUD meliputi :
- KB
- TPA .
- SPS .
|
Sebagai umpan balik dalam pelaksanaan program
|
|
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
X
X
|
|
Mengetahui: Ungaran, 7 Januari 2014
Kepala Dinas Pendidikan
KOTA SERANG. Penilik
PAUD,
....................................... ...................................
NIP. NIP.
RekapitulasiPenyelenggaraan Program PAUD Kabupaten/Kota
No
|
Program
|
||||||||
Kecamatan
|
Lembaga
|
PesertaDidik
|
Pendidik
|
Pengelola
|
Sumber
Dana
|
||||
APBN
|
APBD
Prop
|
APBD Kab
|
Swadaya
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
A.
|
KelompokBermain
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
Taman
PenitipanAnak
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
Satuan
PAUD Sejenis
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR HADIR PENYUSUN RENCANA KERJA TAHUNAN
PENILIK KOTA SERANG BANTEN TAHUN2014
NO
|
NAMA
|
ASAL
|
JABATAN
|
TTD
|
KET
|
1
|
M. YUSUF
|
GERSIK
|
PELIK MADYA
|
|
|
2
|
SAHMIR RASID
|
LAMPUNG
|
PENILK MADYA
|
|
|
3
|
AI JUBAEDAH
|
BANTEN
|
PENILIK PERTAMA
|
|
|
4
|
SOLIHAH
|
JABAR
|
PENILIK PERTAMA
|
|
|
5
|
EMI ZAHARA
|
BANTEN
|
PENILIK PERTAMA
|
|
|
6
|
ETY SARNITA
|
KARBAR
|
PENILIK MADYA
|
|
|
7
|
DEDEN SETIAWAN
|
JABAR
|
PENILIK MADYA
|
|
|
SERANG,7
JULI 2014
KOORDINATOR PENILIK KOTA SERANG
M.YUSUF.