Senin, 25 November 2013

hasil Diskusi



RENCANA KERJA TAHUNAN
PENILIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Kota Serang
TAHUN 2014




 




















OLEH :

KELOMPOK KERJA IPI
KOTA SERANG  PROVINSI BANTEN

KELOMPOK II :

1.    M.YUSUF  (GERSIK )
2.SAHMIR RASID ( LAMPUNG)
3.AI JUBAIDAH  (BANTEN )
.4.SOLIHAH ( BEKASI )
5,EMI ZAHARA ( BANTEN
6. ETYSARNITA ( KALBAR )






LEMBAR PENGESAHAN







Rencana Kerja Tahunan Penilik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) disyahkan sebagaidasar pelaksanaan kegiatan pengendalian mutu program PAUD, Tahun 2014






Mengetahui:
an.Kepala Dinas Pendidikan
KOTA SERANG PROVINSI BANTEN



----------------------------------------
NIP .....................................


Penyusun.




...................................................
NIP. ...........................................





PENGANTAR



            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat-Nya, hingga kami dapat menyusun Rencana KegiatanTahunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara menyeluruh tingkat  KOTA  SERANG. PROVINSI BANTENtahun 2014.
            RencanaKegiatan Tahunan Program PenilikPAUD tidak akan terwujudtanpabantuandankerjasamayang baikdarisemua pihak yang terkait.
            Untukitutidaklupa kami ucapkanterimakasihkepadasemuapihak yang telahmembantudanmendukungterwujudnyapenyusunanRencana Kegiatan Tahunan Program PAUD ini.





Ungaran,10 Januari 2014

Penyusun
Penilik PAUD




.......................................................
NIP. ...............................................










DAFTAR ISI


LembarPengesahan…………………………………………………..
Kata Pengantar …………………………………………………………

Daftarisi …………………………………………………………………
DaftarTabel………………………………......................………………
DaftarLampiran ………………………………………….

BAB I PENDAHULUAN


A. LatarBelakang …………………………………………


B. Dasar ………………………………………………………..


C. Tujuan ………………………………………………………


D. Hasil yang diharapkan …………………………………

BAB II  PELAKSANAAN


A. Sasaran …………………………………………………


B. Metode ……………………………………………………


C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan ……………………


D. Langkah-langkahKegiatan ………………………………


E. Masalah/Hambatan yang dihadapi ……………………
F. Sumber Dana / Biaya .....................................................

BAB III PENUTUP


A. Kesimpulan …………………………………………..........


B. Saran ………………………………………………….........

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.    Rekapitulasi hasil identifikasi penyelenggaraan program PAUDsebagai sasaran penilikan tahun 2014
2.    Matrix Rencana Kerja Tahunan Pengendalian Mutu Program Penilik PAUD tahun 2014.












BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan RevormasiBirokrasi Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya. 
 Pasal 4 tentang tugas pokok Penilik adalah Melaksanakan Kegiatan Pengendalian Mutu dan Evaluasi Dampak Program PAUDNI. Pasal 5 Jenis Penilik berdasarkan bidang tugasnya terdiri atas Penilik PAUD, Penilik Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan, serta Penilik Kursus.
Peraturan Bersama Menteri Pendidikan nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011, Nomor 7 Tahun 2011, tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
Memperhatikan hal-hal tersebut di atas, penilik dituntut adanya kesiapan perencanaan yang akurat sebelum melaksanakan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program di wilayah kerjanya. Tanpa adanya perencanaan yang matang, jelas, teratur dan terukur, penilik tidak mungkin dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan profesional.

B.   DASAR
1.    Undang-UndangNomor 8 Tahun 1974 tentangPokok-PokokKepegawaian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor 55), TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3041, sebagaimanatelahdiubahterakhirdenganUndang-UndangNomor 43 Tahun 1999 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 169, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3890);

2.    Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

3.    PeraturanPemerintahRepublik Indonesia Nomor 16 Tahun 1994 TentangJabatanFungsionalPegawaiNegeriSipil (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1994 Nomor 22, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3547) sebagaimanatelahdiubahdenganPeraturanPemerintahNomor 40 Tahun 2010 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 51, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5121);

4.    PP Nomor19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Nomor 41, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
5.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
6.    Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya. 
7.    Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011, Nomor 7 Tahun 2011, tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya:
8.PER.MENDIKBUD NO .38.THN 2013
      TENTANG PETUNJUK TEKNIS JABATAN FUNGSIONAL
      DAN ANGKA KREDITNYA.




C.   TUJUAN
1.    TujuanUmum:
Memberikangambaransecaramenyeluruhtentangapa, bagaimana, kapan, dimana, olehsiapa,pelaksanakegiatanProgram PAUDdilaksanakansertasebagai dasaracuanbagipenilikdalammelaksanakantugaskepenilikankhususnya Program PAUD Kabupaten Klaten
2.    TujuanKhusus:
a.  Sebagai dasar Pelaksanaan kegiatan pengendalian mutu program PAUD khususnya Penilik PAUD yang mencakup , Perencanaan Program, Pelaksanaan pemantauan, Pelaksanaan Penilaian, Pelaksanaan Pembimbingan dan Pembinaan, Penyusunan Laporan Program PAUD.
b.  Evaluasi dampak program yang mencakup, Penyusunan Rancangan/desain, penyusunan instrumen, pelaksanaan dan penyusunan laporan dan presentasi hasil evaluasi dampak program PAUD.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Setelah tersusunnyaRencana Kerja Tahunan Penilik PAUDTingkat Kabupaten Klaten tahun 2014, hasil yang diharapkan adalah:
1.    Penilik dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal sehingga mampu berperan sebagai Pengendali Mutu dan Evaluasi Dampak Program PAUD.
2.    Memperoleh kepastian hasil kepenilikan Program PAUDyang berkualitas, teratur dan terukur sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
3.    Meningkatkan kompetensi penilik PAUD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional.






BAB II
PELAKSANAAN

  1. SASARAN :
1.      Program PAUD
a.    KelompokBermain (KB)
b.    Taman PenitipanAnak (TPA)
c.    Satuan PAUD Sejenis  (SPS)

2.      Satuan PAUD, dengan sasaran :
A.   KelompokBermain
NO
NAMA LEMBAGA
ALAMAT
KETERANGAN
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16
 KOBER MELATI 1

KOBER ANGGREK

KOBER ANNISA

KOBER NURUL FALAH
KOBER ANDIN

KOBER  MELATI 2

KOBER ANANDA

KOBER ALBUROZIQ

KOBER AMANAH

KOBER  SAKINAH

 KOBER HALIMAH

KOBER DWITARI

KOBER ANGSAN

KOBER CANNGRING

KOBER ALKAUSAR

KOBER NURUL FIKRI
 KEC, KASEMEN KOTA SERANG BANTEN



B.TamanPenitipanAnak( TPA )
NO
NAMA LEMBAGA
ALAMAT
KETARANGAN
1


2


 TPA MUSTAFA


TPA  MAWAR






B.   Satuan PAUD Sejenis  ( SPS)
NO
NAMA LEMBAGA
ALAMAT
KETARANGAN
1


2


SPS INTAN


SPS HAPAN BUNDA




  1. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktudantempatpelaksanaanbulan Januari s.d Desember tahun 2014 (Matriks Kegiatan terlampir)

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN :
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan rencana Kerja Tahunan Penilik PAUD dapat diuraikan sebagai  berikut:
(1) Membentuk tim penyusun tingkat kabupaten Terdiri dari seorang ketua dan anggota (melibatkan seluruh penilik);
(2) Mengkaji hasil penilaian tahun lalu dan menganalis data permasalahan terkait dengan rencana tahun berjalan;
(3)  Menyusun skala prioritas program;
(4) Mempresentasikan draf rencana kerja yang dihadiri oleh penilik dan pejabat terkait;
(5)  Menyempurnakan draf rencana kerja berdasarkan masukan hasil presentasi;

(6) Menetapkan rencana kerja tahunan tingkat kabupaten untuk mendapat pengesahan pejabat yang berwenang.

  1. MASALAH/HAMBATAN YANG DIHADAPI
Masalah yang dihadapidalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan Pengendalian Mutu Program Penilik PAUD adalah:
1.    Masih ada penilik PAUD yang belum mengerti Tugas dan Fungsi Penilik PAUD sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya. 
2.    Belum adakesepahaman antara pejabat pembina daerah dan penilik terkait tentangtugasdanfungsipenilik, sehinggamasihseringdijumpaiadanyatumpangtindihtugas yang tidaksemestinya terjadi, yang akhirnyadapatmenghambattugasdanfungsipenilik yang sebenarnya.

E.   SUMBER DANA
Dana yang digunakan dalam Penyusunan Rencana KerjaTahunan Program PAUD bersumber dari :
1.  APBD KOTA SERANG
2.  Swadana.

















BAB III
P E N U T U P

  1. KESIMPULAN
Perencanaan merupakan aspek yang penting dalam kerangka sistem manajemen Penilikan Program PAUD, karena perencanaan merupakan gambaran arah tentang apa yang harus dilakukan, di mana, kapan, oleh siapa, untuk siapa, dan bagaimana cara melaksanakan kegiatan tersebut sehinggarencanakegiatan tahunanberjalan sesuai dengan harapan.

  1. SARAN
1.      Agar kinerja penilik dapat maksimal sesuai dengan tugas dan fungsinya, maka kebutuhan penilik di tiap kecamatan dipenuhi sesuai dengan rasio.
2.      Ada kesepahamantentangtugasdanfungsipenilikdariunsur-unsurterkaitkhususnyaPembina Kepegawaian dan jajaranDinasPendidikan bahwa penilik sebagai Pengendali Mutu dan Evaluasi Dampak Program PAUD
3.      . Memperhatikankesejejahteraanpenilikmelaluipemberian TKD/TAMSIL DAN KENDARAAN RODA DUA.














RANCANGAN PENYUSUNAN PERENCANAAN PROGRAM PAUDNI

SISTEMATIKA
LINGKUP URAIAN
A.   Latar Belakang
Kondisi nyata masalah yang harus segera dilakukan berdasarkan data hasil identifikasi dan analisis penilikan tahun lalu dan hasil identifikasi penyelenggaraan satu tahun ke depan
B.   Dasar Hukum
Aturan, kebijakan dan/atau program menjadi landasan acuan kegiatan penyusunan rancangan rencana induk penilikan dilakukan
C.   Tujuan
Kondisi kualitatif dari kegiatan penilikan di tingkat wilayah kerja dan kabupaten/kota yang diharapkan terjadi dengan adanya rancangan rencana induk Program Paudni
D.   Hasil yang diharapkan
Keuntungan atau manfaat dari tersusunnya rencana induk terhadap kegiatan program Paudni secara umum
E.   Sasaran
·                  Lingkup substansi yang termuat dalam  rancangan rencana induk program Paudni
·         Pengguna rencana induk
F.    Metode
Cara atau strategi utama yang ditempuh untuk mencapai tujuan PEMANTAUAN BIMBINGAN,MONITORING,
G.   Waktu & tempat
Durasi waktu atau masa berlaku rancangan rencana induk 1 TAHUN DI DISDIK  SE KOTA SERANG
H.   Langkah-langkah Kegiatan
Terbagi atas langkah kegiatan :
·         Penyusunan rancangan rencana induk/TAHUNAAN
·         Penilikan
I.      Kendala yang dihadapi
Berisi masalah-masalah yang muncul pada saat kegiatan berlangsung SEPERTI YG TERTERA DI ATAS
J.    Biaya
Besaran jumlah biaya berikut sumber biayanya ( APBD DAN SWADANA PENILIK PR.25.000.000:
K.   Kesimpulan
Memuat uraian kesimpulan dari program yang sudah dilakukan. DapatdillaksanakanolehPenilikmenurutjenjangjabatanmasing -masing
L.    Saran
Berisi tentang rekomendasi untuk ditindak lanjuti olehpihak-pihak terkait.
Lampiran
Berchart/Matriks Jadwal Kegiatan program Paudni dan rekap program yang waktu pelaksanaan dalam durasi satu tahun dan tiga bulan yang diurai per bulan setai tahunnya dan per minggu setiap bulannya..1.Daftar hadir.2.Undangan.3.Surat tgs.



SISTEMATIKA
LINGKUP URAIAN






Matrik Program Kerja Tahunan
Penilik PAUD.

PROGRAM KERJA TAHUNAN PENILIK PAUD
DINAS PENDIDIKAN  KOTA SERANG.
TAHUN 2011- 2015

NO
PROGRAM
JENIS KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
METODE
SUMBER DANA

WAKTU / BULAN

PELAKSANA
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

1








Perencanaan Pengendalian Mutu PAUD
A.     Menyusun Rencana Kerja Tahunan Pengendalian Mutu
1.        Mengkaji hasil pengendalian mutu tahun lalu
2.        Mengidentifikasi penyelenggaraan PAUD sebagai sasaran pengendalian mutu satu tahun ke depan.
3.        Merumuskan rancangan program pengendalian mutu PAUD tingkat kab./kota.
4.        Mempresentasikan rancangan program PAUD tk kab./kota
5.        Memberikan saran/masukan penyempurnaan program PAUD

B.     Menyusun Rencana Kerja Tri Wulan
Program PAUD meliputi :
-       KB se-Kota .
-       TPA se-Kota.
-       SPS se-Kota.

















Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan pembiayaan administrasi (dari delapan SNP)

Sebagai acuan dalam melaks. tugas pengendalian mutu satu tahun


















Sabagai acuan kerja penilik dalam tiga bulanan
Obser-vasi, Angket,
Doku-mentasi

















Wawan-cara
Obser-vasi
APBD II/
Swadana
X





















X






























X


























X

























X



Semua jenjang penilik




2
Pelaksanaan Pemantauan Program PAUD
A.       Membuat instrumen pemantauan
B.       Mengumpulkan data pemantauan
C.       Menganalis data pemantauan
D.       Membuat desain diskusi terfokus
E.       Melaksanakan diskusi terfokus
F.       Menyusun laporan hasil pemantauan program
Program PAUD meliputi :
-       KB se-Kab.
-       TPA se-Kab.
-       SPS se-Kab.

Sebagai acuan Pelaksanaan Pemantauan Program PAUD
Angket
Wawan-cara
APBD II/ Swadana
X


X




X


X



X








X


X







X














Penilik Madya, Muda, Pertama
3
Pelaksanaan Penilaian program PAUD
A.      Membuat instrumen penilaian program pada satuan PAUD




B.      Melaksanakan penilaian dan menganalisis hasil penilaian program pada satuan PAUD.
Standar Proses, Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, 

Standar Penilaian Pendidikan
Mengukur keberhasilan standar Proses, Isi dan SKL



Mengukur tingkat keberhasilan empat standar satuan program
Angket
Obser-vasi





X






X






X






X
Penilik Madya, Muda, Pertama
4
Pelaksanaan bimbingan dan pembinaan
A.      Melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan secara Perorangan dan Kelompok
B.      Melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dalam melakukan penelitian atau pengembangan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan dengan sasaran perorangan dan kelompok
C.     Melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada PTK dalam menggunakan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran, pelatihan dan atau pembimbingan dengan sasaran perorangan dan kelompok.
PTK : perorangan dan kelompok




PTK : perorangan dan kelompok






PTK : perorangan dan kelompok

-  Membangkitkan dan menumbuhkembangkan kemauan
-  Membantu memecahkan masalah
Diskusi
Wawan-cara
Swadana





X




X


5
Menyusun laporan hasil pengendalian mutu programPAUD
A.     Menyusun laporan triwulan pengendalian mutu secara individu
B.     Menyusun laporan tahunan secara menyeluruh.
Program PAUD meliputi :
-       KB
-       TPA .
-       SPS .

Sebagai umpan balik dalam pelaksanaan program




X


X


X


X


X


Mengetahui:                                                                                                                                                 Ungaran, 7 Januari 2014
Kepala Dinas Pendidikan                                                                                     
KOTA SERANG.                                                                                                                              Penilik PAUD,

.......................................                                                                                                                                 ...................................
NIP.                                                                                                                                                                NIP.
RekapitulasiPenyelenggaraan Program PAUD Kabupaten/Kota

No
Program
Kecamatan
Lembaga
PesertaDidik
Pendidik
Pengelola
Sumber Dana
APBN
APBD Prop
APBD Kab
Swadaya
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
A.
KelompokBermain











B.
Taman PenitipanAnak











C.
Satuan PAUD Sejenis

























DAFTAR HADIR PENYUSUN RENCANA KERJA TAHUNAN
PENILIK KOTA SERANG BANTEN TAHUN2014
NO
NAMA
ASAL
JABATAN
TTD
KET
1
M.   YUSUF
 GERSIK
PELIK MADYA


2
SAHMIR RASID
LAMPUNG
PENILK MADYA


3
AI JUBAEDAH
BANTEN
PENILIK  PERTAMA


4
SOLIHAH
JABAR
PENILIK PERTAMA


5
EMI ZAHARA
BANTEN
PENILIK PERTAMA


6
ETY SARNITA
KARBAR
PENILIK MADYA


7
DEDEN SETIAWAN
JABAR
PENILIK MADYA





                                       SERANG,7 JULI 2014
                                                                                                                    KOORDINATOR PENILIK KOTA SERANG

M.YUSUF.