INSTRUMEN PEMANTAUAN
PROGRAM PNFI
LEMABAGA KURSUS DAN
PELATIHAN
TAHUN ...............
I.
|
IDENTITAS LEMBAGA
|
|
|
|
Nama Lembaga
|
:
|
|
|
N I L E K
|
:
|
|
|
Alamat Lengkap
|
:
Kode pos :
|
|
|
Kecamatan
|
:
|
|
|
Kota/Kab
|
:
|
|
|
Propvinsi
|
:
|
|
|
No. Telepon
|
:
No. Fax :
|
|
|
Website/Email
|
:
|
|
II.
|
Surat ijin Operasional lembaga
|
|
|
|
Nomor
|
:
|
|
|
Tanggal
|
:
|
|
|
Diterbitikan Oleh
|
:
|
|
|
No. Rek.Lembaga
|
:
|
|
|
NPWP Lembaga
|
:
|
|
III.
|
Status Kepemilikan Lembaga
|
a. Yayasan , c.
Perorangan, d. PT/CV/Firma
b. Penaman Modal Asing ( PMA)
|
|
IV.
|
Bentu lembaga
|
a. Lembaga Tunggal c. Cabang
b. Pusat d. Waralaba ( frainchise )
|
|
V.
|
Nama Akte Notaris
|
:
|
|
|
Nomor
|
:
/tanggal :
|
|
|
Di tanda tangan oleh
|
:
|
|
VI.
|
Hasil Penilaian Kinerja
|
a. Berkinerja A, c. Bekinerja
C e. Belum bekinerja
b. Bekinerja B, d. Bekinerja D
|
|
VII
|
Akreditasi Lembaga
|
a. Belum terakreditasi
b. Terakreditasi sejak tahun ......
|
|
VIII
|
Klasifikasi Lembaga
|
a. Berstandar Internasional
b. Berstandar Nasional
c. Berstandar pelayanan minimal
d. Berstandar Rintisan
|
|
IX
|
Status bangunan
|
a. Milik Sendiri c.
Lainnya ...................
b. Kontrak / sewa
|
|
X.
|
Penanggung Jawab Lembaga
|
:
|
|
Nama Lengkap
|
:
|
||
Jenis Kelamin
|
:
|
||
Pendidikan
|
:
|
||
Alamat Rumah
|
:
|
||
Sertifikat yang dimiliki
|
a.
|
Tahun :
|
|
b.
|
Tahun :
|
||
c.
|
Tahun :
|
||
d.
|
Tahun :
|
||
N P W P
|
:
|
||
XI
|
Program Kursus yang
Diselenggarakan
|
a.
|
|
b.
|
|||
c.
|
No.
|
URAIAN PEMANTAUAN
|
KETERLAKSANAAN
|
|||
YA/ADA
|
TIDAK
|
||||
I.
|
STANDAR ISI
|
|
|
||
|
1.
|
STRUKTUR KURIKULUM
|
|
|
|
|
|
a.
|
Keberadaan Prosedur penyusunan
kurikulum
( jika ada lampirkan bukti )
|
|
|
|
|
|
-
Alur prosedur
|
|
|
|
|
|
-
Definisi –definisi alaur
prosedur
|
|
|
|
|
|
-
Ruang lingkup
|
|
|
|
|
|
-
Penanggung jawab/Person in
charge
|
|
|
|
|
b.
|
Landasan prosedur kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Undang-undang RI No. Tahun 2003,
tentang
Sistem Pendidikan Nasional
|
|
|
|
|
|
-
Peraturan Pemerintah RI No. 19
tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan
|
|
|
|
|
|
-
Standar kursus
|
|
|
|
|
c.
|
Yang terlibat dalam penyusunan
kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik
|
|
|
|
|
|
-
Tenaga kependidikan
/penyelenggara
|
|
|
|
|
|
-
Unsur Dinas Pendidikan Kab/Kota
|
|
|
|
|
|
-
Konsorsium pada tiap lembaga
ketrampilan
|
|
|
|
|
d.
|
Keakhilan yang dimiliki yang
terlibat dalam penyusunan
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Manajemen pendidikan
|
|
|
|
|
|
-
Evaluasi Pendidikan
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik/Tenaga Pendidikan
|
|
|
|
|
|
-
Ketrampilan dibidangnya
|
|
|
|
2
|
EVALUASI KURIKULUM
|
|
|
|
|
|
a.
|
Apa saja jenis evaluasi terhadap
kurikulum ?
|
|
|
|
|
|
-
Wawancara
|
|
|
|
|
|
-
Kuesioner/Angket
|
|
|
|
|
|
-
Tinjauan Lapangan ( kebutuhan
pasar )
|
|
|
|
|
b
|
Tujuan Evaluasi terhadap Kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Validitas
|
|
|
|
|
|
-
Keandalan
|
|
|
|
|
|
-
Legalitas
|
|
|
|
|
|
-
Kemutakhiran
|
|
|
|
|
c.
|
Instrumen evaluasi terhadap
kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Formulire wawancara
|
|
|
|
|
|
-
Formulir kuesioner /angket
|
|
|
|
|
|
-
Formulir tinjauan lapangan(
kebutuhan pasar )
|
|
|
|
|
|
-
Check list
|
|
|
|
|
d.
|
Waktu pelaksanaan evaluasi
|
|
|
|
|
|
-
Tiga bulan sekali
|
|
|
|
|
|
-
Enam bulan sekali
|
|
|
|
|
|
-
Satu tahun sekali
|
|
|
|
|
e.
|
Manfaat evaluasi terhadap kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Keandalan kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Validasi relevansi dengan kondisi mutakhir
|
|
|
|
|
|
-
Legalitas kesesuaian peraturan
yang berlaku
|
|
|
|
|
f.
|
Pelaku Evaluasi kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik
|
|
|
|
|
|
-
Tenaga kependidikan
/penyelenggara
|
|
|
|
|
|
-
Unsur dinas pendidikan
|
|
|
|
|
h.
|
Keahlian apa yang harus dimiliki
dalam evaluasi kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Manajemen pendidikan
|
|
|
|
|
|
-
Evaluasi pendidikan
|
|
|
|
|
|
-
Metodelogi pendidikan
|
|
|
|
|
|
-
Teknologi pendidikan
|
|
|
|
|
i.
|
Lenbaga-lembaga yang terlibat dalam
evaluasi kurikulum
|
|
|
|
|
|
-
Unsur dinas pendidikan kab/kota
|
|
|
|
|
|
-
Lembaga penyelenggara /kursus
dan pelatihan
|
|
|
II
|
STANDAR PROSES
|
|
|
||
|
1.
|
Program pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a.
|
Penyelenggaraan 3 (tiga) jenis
program pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Nama program
|
|
|
|
|
|
-
Sifat program (reguler,
intentif, privat )
|
|
|
|
|
|
-
Ruang lingkup program (lokal ,
nasional, internasional)
|
|
|
|
|
b.
|
Tujuan penyelenggaraan tiga jenis
program pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Efisiensi
|
|
|
|
|
|
-
Efektifitas
|
|
|
|
|
|
-
Kebutuhan pasar
|
|
|
|
|
c.
|
Silabus penyelenggaraan tiga jenis
program pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Keberadaan silabus
|
|
|
|
|
|
-
Kesesuaian standar yang berlaku
|
|
|
|
|
|
-
Tinjauan secara berkala
|
|
|
|
|
d.
|
Pelaksanaan penyelenggaraan tiga jenis program
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan waktu
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan durasi
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan sumber daya manusia
|
|
|
|
|
|
-
Kelengkapan sarana dan prasarana
|
|
|
|
2
|
Satu
jenis program ketrampilan
|
|
|
|
|
|
a.
|
Penyelenggaraan satu jenis
ketrampilan
|
|
|
|
|
|
-
Nama program
|
|
|
|
|
|
-
Sifat program (reguler,
intensif, privat )
|
|
|
|
|
|
-
Ruang lingkup program( lokal,
nasional, internasional)
|
|
|
|
|
b.
|
Tujuan penyelenggaraan satu jenis
program ketrampilan
|
|
|
|
|
|
-
Efisiensi
|
|
|
|
|
|
-
Efektifitas
|
|
|
|
|
|
-
Kubutuhan pasar
|
|
|
|
|
c.
|
Silabus penyelenggaraan satu jenis
program ketrampilan
|
|
|
|
|
|
-
Keberadaan silabus
|
|
|
|
|
|
-
Kesesuaian standar yang berlaku
|
|
|
|
|
|
-
Tinjauan secara berkala
|
|
|
|
|
d.
|
Pelaksanaan penyelenggaraan satu
jenis program ketrampilan
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan waktu
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan durasi
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan sumber daya manusia
|
|
|
|
|
|
-
Kelengkapansarana dan prasarana
|
|
|
|
3
|
Satu jenis program ketrampilan unit usaha
|
|
|
|
|
|
a.
|
Penilaian hasil pembelajaran satu
jenis program ketrampilan unit usaha
|
|
|
|
|
|
-
Ruang lingkup program unit usaha
(lokal, nasional, internasional
|
|
|
|
|
|
-
Peninjauan secara berkala ( 3
bulan, 6 bulan, 12 bulan)
|
|
|
|
|
b.
|
Tujuan program penilaian hasil
pembelajaran satu jenis unit usaha
|
|
|
|
|
|
-
Keandalam program unit usaha
|
|
|
|
|
|
-
Relevansi program unit usaha
dengan kondisi mutakhir
|
|
|
|
|
|
-
Konsistensi mutu program unit
usaha
|
|
|
|
|
|
-
Kontribusi terhadap terget
pemerintah
|
|
|
|
|
c.
|
Silabus hasil pembelajaran satu
jenis program unit usaha
|
|
|
|
|
|
-
Keberadaan silabus
|
|
|
|
|
|
-
Kesesuaian standar yang berlaku
|
|
|
|
|
|
-
Tinjauan secara berkala
|
|
|
|
|
|
-
Frekuensi peninjauan /perubahan
silabus secara tahunan/bulanan
|
|
|
|
|
d.
|
Pelaksanaan penilaian hasil
pembelajaran satu jenis program unit usaha
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan waktu
|
|
|
|
|
|
-
Ketepatan durasi
|
|
|
|
|
|
-
Kelengkapan sarana dan prasarana
|
|
|
III.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
|
|
||
|
1.
|
Prosedur penentuan standar
kompetensi
|
|
|
|
|
|
a.
|
Yang terlibat dalam penentuan
komptensi
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik
|
|
|
|
|
|
-
Tenaga pendidik/penyelenggara
|
|
|
|
|
|
-
Unsur dinas pendidikan kab/kota
|
|
|
|
|
b.
|
Keahlian dimiliki oleh orang yang
terlibat dalam penyusunan kompetensi
|
|
|
|
|
|
-
Menguasai kompetensi
|
|
|
|
|
|
-
Memiliki pengalaman dibidangnya
|
|
|
|
|
c.
|
Prosedur penentuan unit kompetensi
|
|
|
|
|
|
-
Ujicoba
|
|
|
|
|
|
-
Analisis lapangan
|
|
|
|
|
|
-
Survey kebutuhan pasar
|
|
|
|
|
|
-
Lainnya,
sebutkan
|
|
|
2. KOMPETENSI PENDIDIK
a. Paedagogik
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,
ahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Profesional
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,
ahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Sosial
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,
ahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kepribadian
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,
ahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. PENGEMBANGAN KARIR PENDIDIK
Pendidik/Instruktur mengikuti pelatihan peningkatan mutu/komptensi
untuk pengembangan karir.
a. Bila ya, berapa persen yang mengikuti pelatihan tersebut
..................... ?
b. Daftar Pendidik /Instruktur Kursus yang melakukan peningkatan mutu kompetensi
dengan mengikuti pelatihan :
No.
|
Nama
|
Jenis Pelatihan
|
Jml hari dan tahun penyelenggaraan
Pelatihan
|
Lembaga
Penyelenggara
|
Sertifikat
(ada/tidak)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. TENAGA KEPENDIDIKAN
a. Kualifikasi Tenaga
Kependidikan
1. Kualifikasi tenaga kependidikan yang ada pada lembaga sbb :
No.
|
Nama
|
L/P
|
Pendidikan
Terakhir
|
Status
Kepegawaian
|
Tempat
Lahir
|
tanggal
lahir
|
Jabatan
|
Alamat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi Tenaga
Kependidikan
a. Paedagogik
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,
mahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Profesional
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,
mahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Sosial
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,m ahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kepribadian
No.
|
Nama
|
Jenis kompetensi
|
Jenjang (dasar, terampil,
mahir)
|
Kompetensi
Yang dimiliki
|
Keahlian Yang
Dimiliki
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengembangan Karir Tenaga
Kependidikan
a. Apakah tenaga kependidikan mengikuti
pelatihan peningkatan mutu/kompetensi ? ........
b. Bila ya, berapa persen yang
mengikuti pelatihan tersebut ?
.................... %
c. Tuliskan daftar tenaga
kependidikan yang melakukan peningkatan mutu/kompetensi dengan mengikuti
pelatihan
No.
|
Nama
|
Jenis Pelatihan
|
Jml hari dan tahun penyelenggaraan
Pelatihan
|
Lembaga
Penyelenggara
|
Sertifikat
(ada/tidak)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
1. TANAH DAN GEDUNG
a. Status Kepemilikan : a. Hak Milik b. Hibah
c. Pinjaman d. Sewa
b. Luas Tanah = ................. M2
c. Jenis kepemilikan gedung : a.
Sendiri b. Bersama
c. Sewa
d. Kafasitas kepemilikan gedung ........................ lokal
e. Kondisi gedung : a.
Sangat Baik b. Baik
c. Kurang baik
f.
Pemakaian gedung :
a. Sangat tepat guna b.
Tepat guna c. Kurang tepat guna
2. RUANG
a. Jumlah ruang yang dimiliki .................. unit
b. Jenis - jenis ruang
NO
|
Jenis Ruang
|
Ada
|
Tdk
|
NO
|
Jenis Ruang
|
Ada
|
Tdk
|
1.
|
Ruang Belajar
|
|
|
6.
|
Ruang Tenaga Kependidikan
|
|
|
2.
|
Ruang Perpustakaan
|
|
|
7.
|
Ruang pimpinan
|
|
|
3.
|
Ruang Tunggu
|
|
|
8.
|
Ruang Penerima Tamu/TU
|
|
|
4.
|
Ruang Pendidik
|
|
|
9.
|
Gudang
|
|
|
5.
|
Ruang Ibadah
|
|
|
10.
|
Toilet
|
|
|
c. Kapasitas ruangan
No
|
Jenis Ruangan
|
Ukuran
|
No
|
Jenis Ruangan
|
Ukuran
|
1.
|
Ruang Belajar
|
m²
|
6.
|
Ruang Tenaga Kependidikan
|
m²
|
2.
|
Ruang Perpustakaan
|
m²
|
7.
|
Ruang pimpinan
|
m²
|
3.
|
Ruang Tunggu
|
m²
|
8.
|
Ruang Penerima Tamu/TU
|
m²
|
4.
|
Ruang Pendidik
|
m²
|
9.
|
Gudang
|
m²
|
5.
|
Ruang Ibadah
|
m²
|
10.
|
Toilet
|
m²
|
d. Kondisi
ruangan
No
|
Jenis Ruang
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Kurang Baik
|
No
|
Jenis Ruang
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Kurang Baik
|
1.
|
Ruang Belajar
|
|
|
|
6.
|
Ruang Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
2.
|
Ruang Perpustakaan
|
|
|
|
7.
|
Ruang pimpinan
|
|
|
|
3.
|
Ruang Tunggu
|
|
|
|
8.
|
Ruang Penerima Tamu/TU
|
|
|
|
4.
|
Ruang Pendidik
|
|
|
|
9.
|
Gudang
|
|
|
|
5.
|
Ruang Ibadah
|
|
|
|
10.
|
Toilet
|
|
|
|
e.
Kelengkapan Ruangan
No
|
Jenis Ruang
|
Sangat Lengkap
|
Lengkap
|
Kurang Lengkap
|
No
|
Jenis Ruang
|
Sangat Lengkap
|
Lengkap
|
Kurang Lengkap
|
1.
|
Ruang Belajar
|
|
|
|
6.
|
Ruang Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
2.
|
Ruang Perpustakaan
|
|
|
|
7.
|
Ruang pimpinan
|
|
|
|
3.
|
Ruang Tunggu
|
|
|
|
8.
|
Ruang Penerima Tamu/TU
|
|
|
|
4.
|
Ruang Pendidik
|
|
|
|
9.
|
Gudang
|
|
|
|
5.
|
Ruang Ibadah
|
|
|
|
10.
|
Toilet
|
|
|
|
f. Kepemilikan Ruang
- Pemakaian Ruang
No
|
Jenis Ruang
|
Sangat tepat Guna
|
Tepat Guna
|
Kurang Tepat Guna
|
No
|
Jenis Ruang
|
Sangat tepat Guna
|
Tepat Guna
|
Kurang Tepat Guna
|
1.
|
Ruang Belajar
|
|
|
|
6.
|
Ruang Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
2.
|
Ruang Perpustakaan
|
|
|
|
7.
|
Ruang pimpinan
|
|
|
|
3.
|
Ruang Tunggu
|
|
|
|
8.
|
Ruang Penerima Tamu/TU
|
|
|
|
4.
|
Ruang Pendidik
|
|
|
|
9.
|
Gudang
|
|
|
|
5.
|
Ruang Ibadah
|
|
|
|
10.
|
Toilet
|
|
|
|
3.
PUSTAKA
a. Kepemilikan Sarana Perpustakaan
1. Luas kepemilikan ruang perpustakaan
……………..... m²
2. Kapasitas kepemilikan perpustakaan ………………. Orang
3. Kondisi kepemilikan perpustakaan : a.
Layak b. Tidak layak c. Perlu renovasi
4. Kelengkapan Kepemilikan perpustakaan :
a.
Rak buku b. Kursi c. Meja d.Papan tulis e. Komputer
f. Lainnya, sebutkan…………………………………………………………………………………………………………
5.Jenis pustaka yang dimiliki : a.Umum b. Untuk peningkatan minat baca
6. Pemanfaatan pustaka :
a Tempat mendapatkan informasi/membaca
b.
Peningkatan baca dan tulis
c.
Lainnya,sebutkan ………………………………………………………………………………………………………
b. Kepemilikan Sarana ICT
1. Status
kepemilikian ICT :
a. Milik sendiri b.Sewa c. Dipinjamkan d. Hibah
2. Kapasitas kepemilikan ICT :
a.
Sangat Lengkap b. Cukup
Lengkap c. Kurang lengkap
3. Kelengkapan kepemilikan ICT :
a. CD player b. Internet c. Lainnya,sebutkan ………………………………………………
4. Sistem Jaringan
kepemilikan ICT :
a. CD
Player/DVD b.
Internet c. Lainnya, sebutkan ……………………………………………….
5. Pemanfaatan ICT :
a.
Media Pembelajaran b. Media
informasi c. Lainnya, sebutkan
……………………………
VI.
STANDAR PENGELOLAAN
Visi, Misi Program :
Visi :
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
Misi :
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
1. Tujuan
Lembaga
- Prosedur
Perencanaan visi, misi, program dan tujuan lembaga
1) Analisis Pasar Kerja
terhada prosedur perencanaan visi, misi, program dan tujuan
lembaga
a.
Pembentukan tim c. Input dari stakeholder/pemangku kepentingan
b. Pembahasan tim
2) Analisis Pasar Kerja terhadap prosedur
perencanaan visi, misi, program dan
tujuan
lembaga :
a. Angket
c. Simulasi
b. Wawancara
d. Lainnya,
sebutkan……………………………………….
3) Strategi Implementasinya terhadap prosedur perencanaan visi, misi,
program dan
tujuan lembaga :
a.
Angket c. Simulasi
b. Wawancara
d. Lainnya, sebutkan
………………………………………
2. Pelaksanaan Program
1. Identitas Kepemilikan yang Jelas
1) Kepemilikan identitas papan nama
a. Ada (lampirkan potonya) b. Tidak ada
2) Nama kursus :
a. Ada,
lampirkan b.
Tidak ada
3) Alamat, telepon, fax kursus
a. Ada, lampirkan b.
Tidak ada
4.
Nomor dan tanggal pendirian kursus
a.
Ada. Lampirkan
b. Tidak ada
5. Program/kegiatan yang diselenggarakan kursus
a. Minimal tiga program pembelajaran, lampirkan
b.
Minimal satu program keterampilan, lampirkan
6.
Nomor Rekening
a. Ada, lampirkan b. Tidak ada
7. NPWP
a.
Ada, lampirkan
b. Tidak ada
3. Penyelenggaraan
Penyelenggara dan Menjalin Kemitraan
1.
Kategori penyelenggara kursus
a. Lokal
b. Nasional
c. Internasional
2.
Identitas Penyelenggara
a. Nama lembaga b.
Logo
c. Akta Notaris d. Surat ijin
penyelenggaraan dari Diknas setempat
3. Kemitraan penyelenggara
a. Kemitraan dengan DUDI sesuai dengan
bidangnya
b. Kemitraan dengan lembaga tinggi
c. Kemitraan dengan pendidikan formal
d. Lainnya, sebutkan
………………………………………………………………………………………………
4. Struktur Organisasi
Kepengurusan
1. Susunan pengurus kursus
a. Struktur organisasi (Ketua,
Sekretaris,Bendahara, Tenaga Pendidik)
b.
Bagan struktur organisasi
2. Deskripsi tugas pengurus
a. Ketua lembaga b. Sekretaris c. Bendahara d.Tenaga Pendidik
3. Administrasi kepengurusan minimal
a. Daftar hadir b. Notulen rapat c. Laporan Kegiatan
5. Pengawasan dan Evaluasi
Prosedur Pengawasan
1. Prosedur terhadap bidang/aspek yang
diawasi
a. Manaajemen b Program c. Kurikulum d. Lainnya, sebutkan ………………………………….
2. Bentuk pengawasan
a. Pimpinan b. Atasan langsung
3. Variabel pengawasan
a. Keuangan b. SDM c. Peserta Didik d. Kualitas pendidikan
4.
Indikator pengawasan
a.
Kesesuaian penggunaan dana
c. Kemampuan peserta didik
b.
Kesesuaian deskripsi tugas d. Keselarasan DUDI
5.
Pedoman pengawasan
a. Pedoman tertulis pengawasan c. Petunjuk teknis pengawasan
b.
Petunjuk pelaksanaan pengawasan
6. Sanksi pelanggaran
a. Teguran lisan
c. Peringatan tertulis
b.
Teguran tertulis
d. Dinonaktifkan
6. Pelaporan dan Pengelolaan
Prosedur Pelaporan
1. Bidang/Aspek pelaporan
a. Keuangan b.Peserta didik c.
Kompetensi lulusan
d. Lainnya, sebutkan …………………………………………………………………………………………………………
2. Format laporan
a. Laporan daftar hadir d. Laporan keunagan
b. Laporan jumlah peserta didik e. Lainnya, sebutkan ………………………………………………
c. Laporan kelulusan
3. Frekwensi Pelaporan
a. Setiap tahun c. Setiap
3 bulan
b. Setiap 6 bulan d. Lainnya,
sebutkan ……………………………………………….
VII. STANDAR PEMBIAYAAN
A. Sumber
-
Asal Dana
1. Nama
sumber dana
a. Bantuan Pemerintah melalui
APBD ( 1. Kodya/Sudin 2.
Dinas )
b. Bantuan Pemerintah melalui APBN
c. Bank
d. Sponsor / donatur e. Swadaya peserta didik
f. Lainnnya, sebutkan ……………….................................……..
2. Besaran dana :
Rp.
.................................................
3. Jenis Sumber dana
a. Modal Sendiri c. Bagi Hasil
e. Lainnya, sebutkan ……………………………
b. Pinjaman berbunga d. Hibah.
B. Penggunaan
Kebijakan
Penggunaan Dana
1. Alokasi/jenis penggunaan
a. Penambahan Aset c. Biaya kursus peserta
didik
b. Penambahan
Inventaris d. Lainnya,
sebutkan ………………………………………………..
2. Tuliskan besaran
penggunaan dana di atas …………………………………………………………………
. Administrasi pertanggung jawaban penggunaan
dana
a.
Pembukuan lengkap ( buku kas, buku bank, nuku harian)
b.
Pembukuan sederhana
c.
tidak ada pembukuan/hanya pencatatan
4. Mekanisme pelaporan penggunaan dana
a. Pelaporan kepada
atasan c. Lainnya,
sebutkan ……………………………………….
b. Pelaporan kepada
pemberi dana
VII. STANDAR PENILAIAN
A. Pengukuran
1
Bentuk
Prosedur Penetapan Bentuk Pengukuran
1) Landasan
hukum, peraturan dan pedoman dalam penentuan prosedur pengukuran
pembelajaran yang dilakasanakan oleh lembaga sbb.:
a. SK Dinas
pendidikan Kab./Kota
b. Lainnya, sebutkan …………………………………………….
(Lampirkan bukti
fisiknya )
2) Prosedur
penetapan jenis bentuk pengukuran pembelajaran yang dilaksanakan
oleh lembaga
a.
Pembentukan tim/panitia c. Pembentukan kerangka
acuan
b. Simulasi d. Lainnya, sebutkan ……………………………………………
3) Siapa sajakah yang terlibat dalam menetapkan
bentuk pengukuran pembelajaran ?
Sebutkan !
a. Pengetahuan b. Keterampilan
c. Sikap d. Waktu
e. Kesesuaian dengan lapangan kerja
2. Tipe Prosedur
Penetapan Bentuk Pengukuran
1) Landasan hukum, peraturan dan pedoman dalam
penentuan prosedur yang
digunakan dalam penetapan tipe pengukuran yang dilaksanakan oleh lembaga
a. SK Dinas pendidikan Kab./Kota
b. Lainnya, sebutkan …………………………………………….
2) Jenis tipe pengukuran yang dilaksanakan oleh
lembaga
a. Pengukuran program pendidikan c. Pengukuran hasil belajar
b. Pengukuran proses belajar d. Lainnya, sebutkan
…………………………….
3) Siapa
yang terlibat dalam penetapan tipe pengukuran pembelajaran ?
a. Pendidik
c. Lainnya, sebutkan ………………................
b. Tenaga Kependidikan/Penyelenggara
4. Kriteria yang digunakan dalam
menetapkan tipe pengukuran
a. Pengetahuan d. Waktu
b. Keterampilan e. Kesesuaian
dengan lapangan kerja
c. Sikap
B. Evaluasi
1. Bentuk
prosedur Penetapan Bentuk Evaluasi
1) Landasan hukum, peraturan dan pedoman dalam
penentuan prosedur yang
digunakan dalam penetapan bentuk evaluasi yang
dilaksanakan oleh lembaga
a. SK Dinas Pendidikan Kab./Kota
b. Lainnya, sebutkan …………………………………………..
2) Jenis penetapan bentruk evaluasi yang
dilaksanakan oleh lembaga
a. Internal
(oleh lembaga sendiri) b. Dinas Pendidikan Kab/Kota
c. Lainnya, sebutkan …………………………………………
3)
Petugas yang terlibat dalam penetapan bentuk evaluaasi pembelajaran
a. Pendidik
b. Tenaga kependidikan/Penyelenggara
c. Lainnya, sebutkan dan lampirkan bukti
fisiknya ……………………………………………
4)
Kriteria prosedur penetapan bentuk evaluasi
a. Pengetahuan d. Waktu
b. Keterampilan e. Kesesuaian dengan lapangan kerja
c. Sikap
2. Tipe Prosedur Penetapan Bentuk Evaluasi
1) Landasan hukum, peraturan dan pedoman dalam
penentuan prosedur yang
digunakan dalam penetapan tipe evaluasi yang
dilaksanakan oleh lembaga,
a. Ada (Jika
ada lampirkan buktinya)
b.
tidak
2) Jenis tipe evaluasi yang dilaksanakan oleh
lembaga ?
a. AwaL Program c.
Akhir program
b. Tengah program
d. Lainnya, sebutkan ………………………………................
3)
Petugas yang terlibat dalam penetapan tipeevaaluasi pembelajaran
a. Pendidik
b. Tenaga Kependidikan/Penyelenggara
c. Lainnya , sebutkan dan lampirkan
bukti fisiknya ……………………………………………
4) Kriteria yang digunakan dalam menetapkan tipe
evaluasi
a. Pengetahuan d.
Waktu
b. Keterampilan e. Kesesuaian dengan lapangan kerja
c.
Sikap
Jakarta,
..............................
MENGETAHUI Penilik
Pimpinan LKP
………………………………..............
______________________
_______________________
(Tanda Tangan & Cap Lembaga)
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar