Senin, 17 Februari 2014

NSTRUMEN PEMANTAUAN KESETARAAN

ISTRUMEN PEMANTAUAN
PROGRAM KESETARAAN PAKET A, B DAN C
TAHUN

IDENTITAS LEMBAGA  :
1.       Nama Lembaga                                 : PKBM ...................................................
2.       Jenis Kegiatan                    : Paket  ...................................................
3.       Tempat Belajar                  : ..............................................................
4.       Alamat Belajar                   : .............................................................
5.       Waktu Belajar                    : Hari ......................................................
Jam .......................................................

NO
UNSUR PEMANTAUAN
KETERLAKSANAAN
YA/ADA
TIDAK
I.
STANDAR ISI



1.
Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)




a.
Lembaga memiliki KTSP




b.
KTSP memuat profil lembaga




c.
KTSP memuat  SK/KD




d.
KTSP memuat Kalender Pendidikan




e.
KTSP memuat program unggulan




e.
Lembaga memiliki silabus lengkap




f.
Membuat/memiliki Silabus Keterampilan Fungsional



2
Silabus




a.
Lembaga memiliki silabus mata pelajaran lengkap




b.
Silabus memuat bahan ajar yang akan digunakan




c.
Silabus memuat alokasi waktu yang dibutuhkan



3
Program Kerja




a.
Lembaga memiliki Program Tahunan




b.
Lembaga memiliki Program Semester




c.
Lembaga membuat dan memiliki analisis waktu








II.
STANDAR PROSES



1.
R P P




a.
Pendidik membuat RPP sendiri




b.
RPP disusun berdasarkan silabus




c.
RPP memuat :





-           Identitas





-          SK / KD





-          Indikator dan Tujuan Pembelajaran




d.
Kegiatan Pembelajaran teridiri dari Kegiatan pendahuluan, Kegiatan Inti dan Penutup




e.
RPP memuat perencanaan penilaian dan memuat contoh soal




f.
RPP mencantumkan bahan ajar yang digunakan




g.
RPP mencantumkan rencana tindak lanjut



2.
Pelaksanaan Pembelajaran




a.
Pengelolaan Kelas





-          Tersedia peta siswa / denah kelas





-          Tersedia papan absensi





-          Tersedia jam dinding





-          Tersedia tata tertib





-          Tersedia daftar piket





-          Tersedia daftar inventaris





-          Tersedia daftar pelajaran





-          Tersedia papan display





-          Tersedia poto presiden dan wakil presiden serta lambang negara




b.
Bahan Ajar





-          Pendidik membuat dan membawa bahan ajar pada saat KBM





-          Bahan ajar disusun sesuai dengan pokok bahasan dalam RPP











c.
Kegiatan Pembelajaran





-          KBM dilaksanakan secara interaktif





-          Kegiatan pembelajaran selain melalui kegiatan tatap muka, juga dilaksanakan  tutorial, dan tugas mandiri





-          Pendidik membuka pembelajaran melalui apersepsi dan pemberian motivasi





-          Pendidik menyampaikan pembelajaran melalui eksplorasi dan elaborasi dan konfirmasi





-          Pendidik memberikan tugas pendalaman materi





-          Pendidik melaksanakan pretest dan postest





-          Sebelum menutup KBM pendidik menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya




d.
Penilaian Hasil Pembelajaran





-          Pendidik membuat dan memiliki perencanaan evaluasi ( kisi-kisi  dan kartu soal )





-          Penilaian dilaksanakan melalui bentuk test tertulis / lisan





-          Penilaian dilaksanakan melalui penugasan, ulangan harian dan ulangan sumatif (terstruktur / tidak terstruktur)





-          Penilaian  dilaksanakan dengan skala berkala





-          Pendidik memiliki buku nilai





-          Pendidik membuat / memiliki dokumen  analisis hasil penilaian




e.
Pengawasan





-          Pimpinan lembaga melaksanakan supervisi kelas





-          Hasil supervisi kelas disampaikan kepada pendidik





-          Pimpinan lembaga melakukan pembinaan hasil supervisi kepada pendidik





-          Lembaga memiliki dokumen hasil supervisi





-          Penilik melaksanakan supervisi pembelajaran




f.
Evaluasi





-          Pimpinan lembaga dan Pendidik melakukan evaluasi pelaksanaan program





-          Lembaga memiliki dokumen hasil evaluasi program








III.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)



1
Prosentase kelulusan 




a.
Nilai rata-rata kelulusan UNPK minimal 5,5




b.
Prosentase kelulusan dua tahun terakhir mencapai 95 %



2.
Keterserapan lulusan




a.
Prosentase Warga belajar yang melajutkan ke jenjang berikutnya mencapai 75 % 




b.
Prosentase warga belajar yang diterima di dunia usaha mencapai 95 %








IV.
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN



1.
Kompetensi Tenaga Pendidik




a.
Kualifikasi pendidik minimal S1




b.
Latar belakang pendidikan pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu



2.
Kompetensi Tenaga Kependidikan




a.
Kualifikasi tenaga kependidikan minimal SLTA/sederajat




b.
Memiliki kecakapan manajemen / administrasi








V.
STANDAR SARANA & PRASARANA



1.
Prasarana Pendidikan




a.
Memiliki ruang belajar yang memadai, sesuai dengan jumlah rombongan belajar.




b.
Memiliki perpustakaan




c.
Memiliki ruang pimpinan




d.
Memiliki ruang pendidik




e.
Memiliki ruang administrasi / Tata USaha




f.
Memiliki kamar kecil (WC)



2.
Peralatan dan Perlengkapan Pendidik




a.
Memiliki papan tulis / whiteboard dan kelengkapannya




b.
Memiliki media pembelajaran (OHP/LCD)




c.
Memiliki alat teknologi informasi / IT




c.
Memiliki kursi dan meja bagi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan



3.
Buku, Media dan Sumber Belajar




a.
Memiliki Buku Penunjang Pembelajaran





-          Buku Pelajaran





-          Buku Keterampilan





-          Modul / Handout





-          Lembar Kerja Siswa (LKS)





-          Buku / Bank Soal




b.
Memiliki Buku Referensi




c.
Memiliki Bahan Bacaan lainnya (koran/majalah)








VI.
STANDAR PENGELOLAAN



1.
Perencanaan




a.
Memiliki Visi, Misi dan Tujuan




b.
Memiliki Program Kerja Jangka Pendek (Program Tahunan)




c.
Memiliki Program Jangka Menengah (Program 4 Tahun)




d.
Memiliki Program Jangka Panjang (Program 8 Tahun)




e.
Memiliki Program Unggulan








VII.
STANDAR PEMBIAYAAN



1.
Rencana Anggaran Biaya




a.
Lembaga Memiliki Rencana Anggaran Biaya (RAPBS)




b.
RAPBS dibuat bersama dengan stakeholder (pimpinan lembaga, guru, TU, komite, dan perwakilan siswa)















2.
Administrasi Keuangan




a.
Lembaga memiliki pembukuan keuangan (buku kas)




b.
Lembaga memiliki bukti pengeluaran









3.
Sumber Dana




a.
Dana operasional diperoleh dari :





-           APBD





-          APBN





-          Yayasan





-          Mitra








VIII.
STANDAR PENILAIAN



1.
Pelaksanaan Penilaian




a.
Melaksanakan Ulangan Harian




b.
Melaksanakan Ulangan Tengah Semester




c.
Melaksanakan Ulangan Semester




d.
Melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas




e.
Melaksanakan Ujian Sekolah



2.
Teknik Penilaian




a.
Penilaian dilaksanakan melalui tes tertulis / lisan




b.
Penilaian dilaksanakan melalui diskusi kelompok / laporan




c.
Penilaian dilaksanakan melalui penugasan (PR)



3.
Prinsip Penilaian




a.
Penilaian dilaksanakan sesuai prinsip penilaian




b.
Membuat laporan hasil penilaian



4.
Ujian Nasional Paket Kesetaraan (UNPK)




a.
Warga belajar mengikuti UNPK




b.
Prosentase warga belajar yang mengikuti UNPK > 95%






Jakarta, ........................................................

Penanggung Jawab Lembaga
PKBM ________________________



______________________________
NIP.  ...................................................

Penilik PNFI
 Kecamatan. ..............................................



_________________________
NIP. ...............................................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar