ISTRUMEN
PEMANTAUAN
PROGRAM
KESETARAAN PAKET A, B DAN C
TAHUN
IDENTITAS LEMBAGA :
1. Nama Lembaga :
PKBM ...................................................
2. Jenis Kegiatan :
Paket
...................................................
3. Tempat Belajar :
..............................................................
4. Alamat Belajar :
.............................................................
5. Waktu Belajar :
Hari ......................................................
Jam
.......................................................
NO
|
UNSUR PEMANTAUAN
|
KETERLAKSANAAN
|
|||
YA/ADA
|
TIDAK
|
||||
I.
|
STANDAR ISI
|
|
|
||
|
1.
|
Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP)
|
|
|
|
|
|
a.
|
Lembaga memiliki KTSP
|
|
|
|
|
b.
|
KTSP memuat profil lembaga
|
|
|
|
|
c.
|
KTSP memuat SK/KD
|
|
|
|
|
d.
|
KTSP memuat Kalender Pendidikan
|
|
|
|
|
e.
|
KTSP memuat program unggulan
|
|
|
|
|
e.
|
Lembaga memiliki silabus lengkap
|
|
|
|
|
f.
|
Membuat/memiliki Silabus
Keterampilan Fungsional
|
|
|
|
2
|
Silabus
|
|
|
|
|
|
a.
|
Lembaga memiliki silabus mata
pelajaran lengkap
|
|
|
|
|
b.
|
Silabus memuat bahan ajar yang akan
digunakan
|
|
|
|
|
c.
|
Silabus memuat alokasi waktu yang
dibutuhkan
|
|
|
|
3
|
Program Kerja
|
|
|
|
|
|
a.
|
Lembaga memiliki Program Tahunan
|
|
|
|
|
b.
|
Lembaga memiliki Program Semester
|
|
|
|
|
c.
|
Lembaga membuat dan memiliki
analisis waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II.
|
STANDAR PROSES
|
|
|
||
|
1.
|
R P P
|
|
|
|
|
|
a.
|
Pendidik membuat RPP sendiri
|
|
|
|
|
b.
|
RPP disusun berdasarkan silabus
|
|
|
|
|
c.
|
RPP memuat :
|
|
|
|
|
|
-
Identitas
|
|
|
|
|
|
-
SK / KD
|
|
|
|
|
|
-
Indikator dan Tujuan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
d.
|
Kegiatan Pembelajaran teridiri dari
Kegiatan pendahuluan, Kegiatan Inti dan Penutup
|
|
|
|
|
e.
|
RPP memuat perencanaan penilaian
dan memuat contoh soal
|
|
|
|
|
f.
|
RPP mencantumkan bahan ajar yang
digunakan
|
|
|
|
|
g.
|
RPP mencantumkan rencana tindak
lanjut
|
|
|
|
2.
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
a.
|
Pengelolaan Kelas
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia peta siswa / denah
kelas
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia papan absensi
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia jam dinding
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia tata tertib
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia daftar piket
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia daftar inventaris
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia daftar pelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia papan display
|
|
|
|
|
|
-
Tersedia poto presiden dan wakil
presiden serta lambang negara
|
|
|
|
|
b.
|
Bahan Ajar
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik membuat dan membawa
bahan ajar pada saat KBM
|
|
|
|
|
|
-
Bahan ajar disusun sesuai dengan
pokok bahasan dalam RPP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
KBM dilaksanakan secara
interaktif
|
|
|
|
|
|
-
Kegiatan pembelajaran selain
melalui kegiatan tatap muka, juga dilaksanakan tutorial, dan tugas mandiri
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik membuka pembelajaran
melalui apersepsi dan pemberian motivasi
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik menyampaikan
pembelajaran melalui eksplorasi dan elaborasi dan konfirmasi
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik memberikan tugas
pendalaman materi
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik melaksanakan pretest
dan postest
|
|
|
|
|
|
-
Sebelum menutup KBM pendidik
menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
|
|
|
|
d.
|
Penilaian
Hasil Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik membuat dan memiliki
perencanaan evaluasi ( kisi-kisi dan
kartu soal )
|
|
|
|
|
|
-
Penilaian dilaksanakan melalui
bentuk test tertulis / lisan
|
|
|
|
|
|
-
Penilaian dilaksanakan melalui
penugasan, ulangan harian dan ulangan sumatif (terstruktur / tidak terstruktur)
|
|
|
|
|
|
-
Penilaian dilaksanakan dengan skala berkala
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik memiliki buku nilai
|
|
|
|
|
|
-
Pendidik membuat / memiliki
dokumen analisis hasil penilaian
|
|
|
|
|
e.
|
Pengawasan
|
|
|
|
|
|
-
Pimpinan lembaga melaksanakan
supervisi kelas
|
|
|
|
|
|
-
Hasil supervisi kelas
disampaikan kepada pendidik
|
|
|
|
|
|
-
Pimpinan lembaga melakukan
pembinaan hasil supervisi kepada pendidik
|
|
|
|
|
|
-
Lembaga memiliki dokumen hasil
supervisi
|
|
|
|
|
|
-
Penilik melaksanakan supervisi
pembelajaran
|
|
|
|
|
f.
|
Evaluasi
|
|
|
|
|
|
-
Pimpinan lembaga dan Pendidik melakukan
evaluasi pelaksanaan program
|
|
|
|
|
|
-
Lembaga memiliki dokumen hasil
evaluasi program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III.
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
|
|
||
|
1
|
Prosentase
kelulusan
|
|
|
|
|
|
a.
|
Nilai
rata-rata kelulusan UNPK minimal 5,5
|
|
|
|
|
b.
|
Prosentase
kelulusan dua tahun terakhir mencapai 95 %
|
|
|
|
2.
|
Keterserapan
lulusan
|
|
|
|
|
|
a.
|
Prosentase
Warga belajar yang melajutkan ke jenjang berikutnya mencapai 75 %
|
|
|
|
|
b.
|
Prosentase
warga belajar yang diterima di dunia usaha mencapai 95 %
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV.
|
PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
|
|
||
|
1.
|
Kompetensi
Tenaga Pendidik
|
|
|
|
|
|
a.
|
Kualifikasi
pendidik minimal S1
|
|
|
|
|
b.
|
Latar
belakang pendidikan pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
|
|
|
|
2.
|
Kompetensi
Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
|
|
a.
|
Kualifikasi
tenaga kependidikan minimal SLTA/sederajat
|
|
|
|
|
b.
|
Memiliki
kecakapan manajemen / administrasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V.
|
STANDAR
SARANA & PRASARANA
|
|
|
||
|
1.
|
Prasarana
Pendidikan
|
|
|
|
|
|
a.
|
Memiliki
ruang belajar yang memadai, sesuai dengan jumlah rombongan belajar.
|
|
|
|
|
b.
|
Memiliki
perpustakaan
|
|
|
|
|
c.
|
Memiliki
ruang pimpinan
|
|
|
|
|
d.
|
Memiliki
ruang pendidik
|
|
|
|
|
e.
|
Memiliki
ruang administrasi / Tata USaha
|
|
|
|
|
f.
|
Memiliki
kamar kecil (WC)
|
|
|
|
2.
|
Peralatan
dan Perlengkapan Pendidik
|
|
|
|
|
|
a.
|
Memiliki
papan tulis / whiteboard dan kelengkapannya
|
|
|
|
|
b.
|
Memiliki
media pembelajaran (OHP/LCD)
|
|
|
|
|
c.
|
Memiliki
alat teknologi informasi / IT
|
|
|
|
|
c.
|
Memiliki
kursi dan meja bagi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan
|
|
|
|
3.
|
Buku,
Media dan Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
a.
|
Memiliki
Buku Penunjang Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Buku Pelajaran
|
|
|
|
|
|
-
Buku Keterampilan
|
|
|
|
|
|
-
Modul / Handout
|
|
|
|
|
|
-
Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
|
|
|
|
|
-
Buku / Bank Soal
|
|
|
|
|
b.
|
Memiliki
Buku Referensi
|
|
|
|
|
c.
|
Memiliki
Bahan Bacaan lainnya (koran/majalah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VI.
|
STANDAR
PENGELOLAAN
|
|
|
||
|
1.
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
a.
|
Memiliki
Visi, Misi dan Tujuan
|
|
|
|
|
b.
|
Memiliki
Program Kerja Jangka Pendek (Program Tahunan)
|
|
|
|
|
c.
|
Memiliki
Program Jangka Menengah (Program 4 Tahun)
|
|
|
|
|
d.
|
Memiliki
Program Jangka Panjang (Program 8 Tahun)
|
|
|
|
|
e.
|
Memiliki
Program Unggulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VII.
|
STANDAR
PEMBIAYAAN
|
|
|
||
|
1.
|
Rencana
Anggaran Biaya
|
|
|
|
|
|
a.
|
Lembaga
Memiliki Rencana Anggaran Biaya (RAPBS)
|
|
|
|
|
b.
|
RAPBS
dibuat bersama dengan stakeholder (pimpinan lembaga, guru, TU, komite, dan
perwakilan siswa)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Administrasi
Keuangan
|
|
|
|
|
|
a.
|
Lembaga
memiliki pembukuan keuangan (buku kas)
|
|
|
|
|
b.
|
Lembaga
memiliki bukti pengeluaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Sumber
Dana
|
|
|
|
|
|
a.
|
Dana
operasional diperoleh dari :
|
|
|
|
|
|
-
APBD
|
|
|
|
|
|
-
APBN
|
|
|
|
|
|
-
Yayasan
|
|
|
|
|
|
-
Mitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VIII.
|
STANDAR
PENILAIAN
|
|
|
||
|
1.
|
Pelaksanaan
Penilaian
|
|
|
|
|
|
a.
|
Melaksanakan
Ulangan Harian
|
|
|
|
|
b.
|
Melaksanakan
Ulangan Tengah Semester
|
|
|
|
|
c.
|
Melaksanakan
Ulangan Semester
|
|
|
|
|
d.
|
Melaksanakan
Ulangan Kenaikan Kelas
|
|
|
|
|
e.
|
Melaksanakan
Ujian Sekolah
|
|
|
|
2.
|
Teknik
Penilaian
|
|
|
|
|
|
a.
|
Penilaian
dilaksanakan melalui tes tertulis / lisan
|
|
|
|
|
b.
|
Penilaian
dilaksanakan melalui diskusi kelompok / laporan
|
|
|
|
|
c.
|
Penilaian
dilaksanakan melalui penugasan (PR)
|
|
|
|
3.
|
Prinsip
Penilaian
|
|
|
|
|
|
a.
|
Penilaian
dilaksanakan sesuai prinsip penilaian
|
|
|
|
|
b.
|
Membuat
laporan hasil penilaian
|
|
|
|
4.
|
Ujian
Nasional Paket Kesetaraan (UNPK)
|
|
|
|
|
|
a.
|
Warga
belajar mengikuti UNPK
|
|
|
|
|
b.
|
Prosentase
warga belajar yang mengikuti UNPK > 95%
|
|
|
|
|
Jakarta,
........................................................
|
Penanggung
Jawab Lembaga
PKBM
________________________
______________________________
NIP. ...................................................
|
|
Penilik
PNFI
Kecamatan. ..............................................
_________________________
NIP. ...............................................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar