Senin, 17 Februari 2014

INSTRUMEN PEMANTAUAN PAUD

INSTRUMEN PEMANTAUAN PENDIDIKAN NONFORMAL INFORMAL
PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI(PAUD)
WILAYAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT


IDENTITAS LEMBAGA

  1. Nama Satuan : ..................................................................................
  2. NPSN             : .................................................................................
  3. Jenis Satuan PAUD    : TK/KB/TPA/SPS/TPQ/RA
  4. Status PAUD             : Negeri/Swasta
  5. Status Kepemilikan     : Pemerintah/Yayasan/Perorangan
  6. Nama Yayasan            : ......................................................................
No. Akte Yayasan      : ......................................................................
Tanggal Akte              : ......................................................................
Kelompok Yayasan     : Umum/Keagamaan
  1. Tanggal berdiri Satuan PAUD : ........................................................
  2. Alamat Satuan PAUD :           
Jalan                            : ......................................................................
Kelurahan                    : ......................................................................
Kecamatan                  : ......................................................................
Kota Administrasi       : ......................................................................
No. Tlp./HP                 : ......................................................................
Email                           : ......................................................................
  1. Data Rekening Bank   :
Nomor Rekening         : ......................................................................
Nama Bank                 : ......................................................................
 10.   NPWP                         : ......................................................................
 11.   Perijinan Satuan PAUD :
         Nomor                         : .......................................................................
         Tanggal                       : .......................................................................
         Masa Berlaku              : tanggal...................s.d....................................
         Dikeluarkam oleh        : Dinas/Sudin
  12.  Akreditasi                   : Sudah/Belum
  13.  Sumber Dana              : 1. Swadana
                                               2. APBD Kota Administrasi/Provinsi
                                               3. APBN
  4. Sponsor
  5. Yayasan   
14.  Kepemilikan Bangunan : 1. Milik Sendiri
                                                2. Milik Pemerintah
                                                3. Pinjam Pakai/Sewa
15.  Luas Tanah                    : .........................................................................
16.  Jumlah Ruang Bangunan
                                                1. Ruang Kelas         : ..................................
                                                2. Ruang Tenaga Pendidik : .......................
                                                3. Ruang Pengelola  : ..................................
                                                4. Ruang Tunggu    : ..................................
                                                5. Ruang Kesehatan : ..................................
                                                6. Ruang Serbaguna : ..................................
                                                7. Ruang Tidur Anak : ................................
                                                8. Ruang Perpustakaan : .............................
                                                9. Dapur                   : ..................................
                                              10. Gudang                            : ..................................
                                              11. Toilet                    : ..................................
17.  Kondisi Bangunan                                           : Baik/Rusak Ringan
18.  Waktu Penyelenggaraan                                  : Pagi/Siang/Sore/Kombinasi
19.  Kedudukan dalam gugus PAUD                      : Inti/imbas/belum ikut        
     
NO
UNSUR PEMANTAUAN
KETERLAKSANAAN
YA/ADA
TIDAK
I.
STANDAR ISI



1.      Kurikulum



a.
Kalender Pendidikan



b.
Mengacu pada Permen Diknas No.58 Tahun 2010



c.
Apakah pengembangan kurikulum sesuai dengan potensi lingkungan



2. Beban Belajar


Kelompok Usia
Jumlah Pertemuan
Jam/  Hari
Hari/ Minggu
Total
Pertemuan
1.




2.




3.




4.




5.




6.




7.




9.




9.




10.






UNSUR PEMANTAUAN
YA/ADA
TIDAK

3. Silabus



a.
Apakah sesuai dengan kompetensi pendidik



b.
Apakah sesuai dengan Permen Diknas



c.
Apakah Silabus disusun oleh Pengelola dan Tenaga Pendidik



d.
Apakah Silabus sudah dijadikan pedoman dalam KBM







II.
STANDAR PROSES



1. Perencanaan Pembelajaran


a.
RPP dibuat sesuai dengan silabus


b.
Apakah RPP sesuai dengan kelompok usia Peserta Didik



2. Pelaksanaan Pembelajaran


a.
Pengelolaan Kelas



- APE Indoor



- Jumlah Peserta Didik
Laki-laki =                Perempuan =



3.
Bahan ajar ditetapkan oleh



- Lembaga


- Pendidik


- Peserta Didik














4. Apakah proses pembelajaran menyenangkan, jika ya tulis model pembelajaran


















5. Penilaian Hasil Belajar
a.
Dilakukan secara berkala, bermakna, menyeluruh, berkelanjutan


b.
Pengamatan dilakukan saat anak melakukan aktifitas di dalam kelas


c.
Tenaga pendidik mengkaji ulang tumbuh kembang anak, termasuk anak berkebutuhan khusus yang dituangkan/dicatat dalam anekdot/checklist atau porto folio


d.
Melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik tentang tumbuh kembang anak



e.
Dilakukan tersistematis, terpercaya dan konsisten


f.
Memonitor seluruh aspek tingkat pencapaian perkembangan anak dan mengutamakam proses dampak hasil


g.
Pembelajaran melalui bermain dengan benda konkrit



6. Pengawasan
a.
Pengawasan proses pembelajaran dilakukan melalui



- daftar hadir peserta didik


- rekaman kejadian



b.
Pengawasan pembelajaran dilaksanakan oleh



- penyelenggara


- tenaga pendidik


- penilik



7. Evaluasi


a.
Evaluasi menggunakan metode observasi, checklist, wawancara, angket, analisis dokumen, dan dilakukan setiap akhir tahun ajaran


III.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

1.
Kelompok usia 6-7 tahun diterima sekolah di SD/terserapnya peserta didik di sekolah formal


IV.
STANDAR PENDIDIK dan TENAGA KEPENDIDIKAN



1.
Tenaga Pendidik

a.
Kwalifikasi dan kompetensi tenaga pendidik PAUD berdasarkan Permen Diknas RI No.16 tahun 2000 yaitu berpendidikan Sarjana PAUD



b.
Kwalifikasi akademik dan kompetensi guru pendamping berpendidikan D2 PGTK dari Perguruan Tinggi



c.
Memiliki ijazah SMA/sederajat dan memiliki sertifikat Diklat PAUD












Daftar Nama Tenaga Pendidik

No.

Nama

Tempat Tanggal Lahir

Jenis
Kelamin

Pendidikan Terakhir/Sertifikat Kompetensi

Masa
Kerja







































































NO
UNSUR PEMANTAUAN
KETERLAKSANAAN
YA/ADA
TIDAK

2. Tenaga Kependidikan



a.
Tenaga Kependidikan terdiri dari




- Penilik




- Pengelola



Daftar Nama Tenaga KePendidikan


No.

Nama

Tempat Tanggal Lahir

Jenis
Kelamin

Pendidikan Terakhir/Sertifikat Kompetensi

Masa kerja



Jabatan



Alamat







































































V.
STANDAR SARANA dan PRASARANA
YA/ADA
TIDAK

A. Prasarana


1.
Ruang Kelas                         m² 


2.
Ruang Guru                          m² 


3.
Ruang Pimpinan                   m² 


4.
Toilet                                    m² 


5.
Ruang Serba Guna               m² 



B. Sarana dalam Ruangan


1.
Buku cerita,dongeng,cerita rakyat setempat


2.
Alat peraga/ bahanmain sebagai alat peraga sentra


3.
Lemari/rak wadah alat main


4.
Tape Recorder, TV, Video,LCD


5.
Papan Tulis


6.
Papan panel


7.
Panggung boneka


8.
Papan geometris. Puzzle, balok dll


9.
APE sederhana


10.
Alat permainan untuk mendukung mengenal budaya lokal/tradisional


11.
Alat masak memasak


12.
Alat pengukur tinggi


13.
Timbangan badan



C. Sarana di luar ruangan


1.
Papan luncur


2,
Papan titian


3.
Ayunan


4.
Panjatan


5.
Kuda-kudaan


6.
Bak air


7.
Bak pasir


8.
Jungkitan


9.
Mangkok putar


10.
APE buatan guru, anak dan buatan pabrik


VI.
STANDAR PEMBIAYAAN



1.
Pembiayaan meliputi jenis, sumber dan pemanfaatan serta pengawasan dan pertanggung jawaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan lembaga PAUD



2.
Dana yang diperoleh melalui :




- Iuran peserta didik




- APBD Kota Administrasi




- APBD Propinsi




- APBN




- Sponsor




- Yayasan




- Mitra/partisipasi masyarakat yang tidak mengikat


VII.
STANDAR PENILAIAN



1.
Penilaian adalah tingkat kemampuan daya tumbuh kembang peserta didik



2.
Tekhnik Penilaian :




- melalui pengamalan unjuk kerja, pencatatan anekdot (dialog), laporan orang tua, dokumentasi, hasil karya anak serta deskripsi profil anak



3.
Lingkup :




- mencakup seluruh tingkat pencapaian tumbuh kembang peserta didik dan kesehatan anak didik



4.
Proses




- dilaksanakan secara berkala, bermakna, menyeluruh dan berkelanjutan




- pengamatan dilakukan berdasarkan pada saat anak melakukan aktivitas




- melakukan komunikasi dengan orang tua tentang perkembangan peserta didik




- dilakukan secara sistematis, terpercaya, akurat dan konsisten





                                                                                                             Jakarta,
Penyelenggara PAUD                                                                          Penilik PNFI
....................................






_____________________                                                                  __________________

2 komentar:

  1. Alangkah baiknya kalau dicontohkan yang sudah baik nilainya akredetasi

    BalasHapus
  2. mengapa PAUD ada SKL, bukan tumbuh kembang anak ?

    BalasHapus