INSTRUMEN PEMANTAUAN PENDIDIKAN NONFORMAL INFORMAL
PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI(PAUD)
WILAYAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT
IDENTITAS LEMBAGA
- Nama Satuan : ..................................................................................
- NPSN :
.................................................................................
- Jenis Satuan PAUD : TK/KB/TPA/SPS/TPQ/RA
- Status PAUD : Negeri/Swasta
- Status Kepemilikan : Pemerintah/Yayasan/Perorangan
- Nama Yayasan : ......................................................................
No. Akte Yayasan :
......................................................................
Tanggal Akte :
......................................................................
Kelompok Yayasan : Umum/Keagamaan
- Tanggal berdiri Satuan PAUD :
........................................................
- Alamat Satuan PAUD :
Jalan :
......................................................................
Kelurahan :
......................................................................
Kecamatan :
......................................................................
Kota Administrasi :
......................................................................
No. Tlp./HP :
......................................................................
Email :
......................................................................
- Data Rekening Bank :
Nomor Rekening :
......................................................................
Nama Bank :
......................................................................
10.
NPWP :
......................................................................
11.
Perijinan Satuan PAUD :
Nomor :
.......................................................................
Tanggal :
.......................................................................
Masa Berlaku :
tanggal...................s.d....................................
Dikeluarkam oleh :
Dinas/Sudin
12. Akreditasi : Sudah/Belum
13. Sumber Dana : 1. Swadana
2. APBD Kota Administrasi/Provinsi
3. APBN
4.
Sponsor
5.
Yayasan
14.
Kepemilikan Bangunan : 1. Milik Sendiri
2. Milik Pemerintah
3. Pinjam Pakai/Sewa
15.
Luas Tanah :
.........................................................................
16.
Jumlah Ruang Bangunan
1. Ruang Kelas : ..................................
2. Ruang Tenaga Pendidik : .......................
3. Ruang Pengelola : ..................................
4. Ruang Tunggu : ..................................
5. Ruang Kesehatan : ..................................
6. Ruang Serbaguna : ..................................
7. Ruang Tidur Anak : ................................
8. Ruang Perpustakaan :
.............................
9. Dapur : ..................................
10. Gudang : ..................................
11. Toilet : ..................................
17. Kondisi Bangunan : Baik/Rusak Ringan
18. Waktu Penyelenggaraan : Pagi/Siang/Sore/Kombinasi
19. Kedudukan dalam gugus PAUD : Inti/imbas/belum ikut
NO
|
UNSUR PEMANTAUAN
|
KETERLAKSANAAN
|
||||||||||
YA/ADA
|
TIDAK
|
|||||||||||
I.
|
STANDAR ISI
|
|
|
|||||||||
|
1. Kurikulum
|
|
|
|||||||||
|
a.
|
Kalender
Pendidikan
|
|
|
||||||||
|
b.
|
Mengacu pada
Permen Diknas No.58 Tahun 2010
|
|
|
||||||||
|
c.
|
Apakah
pengembangan kurikulum sesuai dengan potensi lingkungan
|
|
|
||||||||
|
2. Beban Belajar
|
|||||||||||
|
Kelompok Usia
|
Jumlah Pertemuan
|
||||||||||
Jam/ Hari
|
Hari/ Minggu
|
Total
Pertemuan
|
||||||||||
1.
|
|
|
|
|
||||||||
2.
|
|
|
|
|
||||||||
3.
|
|
|
|
|
||||||||
4.
|
|
|
|
|
||||||||
5.
|
|
|
|
|
||||||||
6.
|
|
|
|
|
||||||||
7.
|
|
|
|
|
||||||||
9.
|
|
|
|
|
||||||||
9.
|
|
|
|
|
||||||||
10.
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
UNSUR PEMANTAUAN
|
YA/ADA
|
TIDAK
|
||||||||
|
3. Silabus
|
|
|
|||||||||
|
a.
|
Apakah sesuai
dengan kompetensi pendidik
|
|
|
||||||||
|
b.
|
Apakah sesuai
dengan Permen Diknas
|
|
|
||||||||
|
c.
|
Apakah Silabus
disusun oleh Pengelola dan Tenaga Pendidik
|
|
|
||||||||
|
d.
|
Apakah Silabus
sudah dijadikan pedoman dalam KBM
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
||||||||
II.
|
STANDAR PROSES
|
|
|
|||||||||
|
1. Perencanaan
Pembelajaran
|
|
|
|||||||||
a.
|
RPP dibuat
sesuai dengan silabus
|
|
|
|||||||||
b.
|
Apakah RPP
sesuai dengan kelompok usia Peserta Didik
|
|
|
|||||||||
|
2. Pelaksanaan
Pembelajaran
|
|
|
|||||||||
a.
|
Pengelolaan
Kelas
|
|
|
|||||||||
|
- APE Indoor
|
|
|
|||||||||
|
- Jumlah
Peserta Didik
Laki-laki
= Perempuan =
|
|
|
|||||||||
|
3.
|
Bahan ajar
ditetapkan oleh
|
|
|
||||||||
|
- Lembaga
|
|
|
|||||||||
- Pendidik
|
|
|
||||||||||
- Peserta Didik
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
||||||||
|
4. Apakah
proses pembelajaran menyenangkan, jika ya tulis model pembelajaran
|
|
|
|||||||||
|
|
|
||||||||||
|
|
|
||||||||||
|
|
|
||||||||||
|
|
|
||||||||||
|
|
|
||||||||||
|
5. Penilaian
Hasil Belajar
|
|||||||||||
a.
|
Dilakukan
secara berkala, bermakna, menyeluruh, berkelanjutan
|
|
|
|||||||||
b.
|
Pengamatan
dilakukan saat anak melakukan aktifitas di dalam kelas
|
|
|
|||||||||
c.
|
Tenaga pendidik
mengkaji ulang tumbuh kembang anak, termasuk anak berkebutuhan khusus yang
dituangkan/dicatat dalam anekdot/checklist atau porto folio
|
|
|
|||||||||
d.
|
Melakukan
komunikasi dengan orang tua peserta didik tentang tumbuh kembang anak
|
|
|
|||||||||
|
e.
|
Dilakukan
tersistematis, terpercaya dan konsisten
|
|
|
||||||||
f.
|
Memonitor
seluruh aspek tingkat pencapaian perkembangan anak dan mengutamakam proses
dampak hasil
|
|
|
|||||||||
g.
|
Pembelajaran
melalui bermain dengan benda konkrit
|
|
|
|||||||||
|
6. Pengawasan
|
|||||||||||
a.
|
Pengawasan
proses pembelajaran dilakukan melalui
|
|
|
|||||||||
|
- daftar hadir
peserta didik
|
|
|
|||||||||
- rekaman
kejadian
|
|
|
||||||||||
|
b.
|
Pengawasan
pembelajaran dilaksanakan oleh
|
|
|
||||||||
|
- penyelenggara
|
|
|
|||||||||
- tenaga
pendidik
|
|
|
||||||||||
- penilik
|
|
|
||||||||||
|
7. Evaluasi
|
|
|
|||||||||
a.
|
Evaluasi
menggunakan metode observasi, checklist, wawancara, angket, analisis dokumen,
dan dilakukan setiap akhir tahun ajaran
|
|
|
|||||||||
III.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
|||||||||||
|
1.
|
Kelompok usia
6-7 tahun diterima sekolah di SD/terserapnya peserta didik di sekolah formal
|
|
|
||||||||
IV.
|
STANDAR PENDIDIK dan TENAGA KEPENDIDIKAN
|
|
|
|||||||||
|
1.
|
Tenaga Pendidik
|
||||||||||
|
a.
|
Kwalifikasi dan
kompetensi tenaga pendidik PAUD berdasarkan Permen Diknas RI No.16 tahun 2000
yaitu berpendidikan Sarjana PAUD
|
|
|
||||||||
|
b.
|
Kwalifikasi
akademik dan kompetensi guru pendamping berpendidikan D2 PGTK dari Perguruan
Tinggi
|
|
|
||||||||
|
c.
|
Memiliki ijazah
SMA/sederajat dan memiliki sertifikat Diklat PAUD
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
||||||||
|
Daftar Nama
Tenaga Pendidik
|
|||||||||||
No.
|
Nama
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Jenis
Kelamin
|
Pendidikan Terakhir/Sertifikat Kompetensi
|
Masa
Kerja
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
NO
|
UNSUR PEMANTAUAN
|
KETERLAKSANAAN
|
|||||||
YA/ADA
|
TIDAK
|
||||||||
|
2. Tenaga
Kependidikan
|
|
|
||||||
|
a.
|
Tenaga
Kependidikan terdiri dari
|
|
|
|||||
|
|
- Penilik
|
|
|
|||||
|
|
- Pengelola
|
|
|
|||||
|
Daftar Nama
Tenaga KePendidikan
|
|
|||||||
No.
|
Nama
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Jenis
Kelamin
|
Pendidikan Terakhir/Sertifikat Kompetensi
|
Masa kerja
|
Jabatan
|
Alamat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
V.
|
STANDAR SARANA dan PRASARANA
|
YA/ADA
|
TIDAK
|
||||||
|
A. Prasarana
|
|
|
||||||
1.
|
Ruang
Kelas m²
|
|
|
||||||
2.
|
Ruang Guru m²
|
|
|
||||||
3.
|
Ruang
Pimpinan m²
|
|
|
||||||
4.
|
Toilet m²
|
|
|
||||||
5.
|
Ruang Serba
Guna m²
|
|
|
||||||
|
B. Sarana dalam Ruangan
|
|
|
||||||
1.
|
Buku
cerita,dongeng,cerita rakyat setempat
|
|
|
||||||
2.
|
Alat peraga/
bahanmain sebagai alat peraga sentra
|
|
|
||||||
3.
|
Lemari/rak
wadah alat main
|
|
|
||||||
4.
|
Tape Recorder, TV, Video,LCD
|
|
|
||||||
5.
|
Papan Tulis
|
|
|
||||||
6.
|
Papan panel
|
|
|
||||||
7.
|
Panggung boneka
|
|
|
||||||
8.
|
Papan geometris. Puzzle, balok dll
|
|
|
||||||
9.
|
APE sederhana
|
|
|
||||||
10.
|
Alat permainan
untuk mendukung mengenal budaya lokal/tradisional
|
|
|
||||||
11.
|
Alat masak
memasak
|
|
|
||||||
12.
|
Alat pengukur
tinggi
|
|
|
||||||
13.
|
Timbangan badan
|
|
|
||||||
|
C. Sarana di luar ruangan
|
|
|
||||||
1.
|
Papan luncur
|
|
|
||||||
2,
|
Papan titian
|
|
|
||||||
3.
|
Ayunan
|
|
|
||||||
4.
|
Panjatan
|
|
|
||||||
5.
|
Kuda-kudaan
|
|
|
||||||
6.
|
Bak air
|
|
|
||||||
7.
|
Bak pasir
|
|
|
||||||
8.
|
Jungkitan
|
|
|
||||||
9.
|
Mangkok putar
|
|
|
||||||
10.
|
APE buatan
guru, anak dan buatan pabrik
|
|
|
||||||
VI.
|
STANDAR PEMBIAYAAN
|
|
|
||||||
|
1.
|
Pembiayaan
meliputi jenis, sumber dan pemanfaatan serta pengawasan dan pertanggung
jawaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan lembaga PAUD
|
|
|
|||||
|
2.
|
Dana yang diperoleh
melalui :
|
|
|
|||||
|
|
- Iuran peserta
didik
|
|
|
|||||
|
|
- APBD Kota
Administrasi
|
|
|
|||||
|
|
- APBD Propinsi
|
|
|
|||||
|
|
- APBN
|
|
|
|||||
|
|
- Sponsor
|
|
|
|||||
|
|
- Yayasan
|
|
|
|||||
|
|
-
Mitra/partisipasi masyarakat yang tidak mengikat
|
|
|
|||||
VII.
|
STANDAR PENILAIAN
|
|
|
||||||
|
1.
|
Penilaian
adalah tingkat kemampuan daya tumbuh kembang peserta didik
|
|
|
|||||
|
2.
|
Tekhnik
Penilaian :
|
|
|
|||||
|
|
- melalui
pengamalan unjuk kerja, pencatatan anekdot (dialog), laporan orang tua,
dokumentasi, hasil karya anak serta deskripsi profil anak
|
|
|
|||||
|
3.
|
Lingkup :
|
|
|
|||||
|
|
- mencakup
seluruh tingkat pencapaian tumbuh kembang peserta didik dan kesehatan anak
didik
|
|
|
|||||
|
4.
|
Proses
|
|
|
|||||
|
|
- dilaksanakan
secara berkala, bermakna, menyeluruh dan berkelanjutan
|
|
|
|||||
|
|
- pengamatan
dilakukan berdasarkan pada saat anak melakukan aktivitas
|
|
|
|||||
|
|
- melakukan
komunikasi dengan orang tua tentang perkembangan peserta didik
|
|
|
|||||
|
|
- dilakukan
secara sistematis, terpercaya, akurat dan konsisten
|
|
|
|||||
Jakarta,
Penyelenggara
PAUD
Penilik PNFI
....................................
_____________________
__________________
Alangkah baiknya kalau dicontohkan yang sudah baik nilainya akredetasi
BalasHapusmengapa PAUD ada SKL, bukan tumbuh kembang anak ?
BalasHapus